Connect with us

Destinasi

Paket Wisata Jogja, Alternatif Berpetualang Tanpa Takut Kehabisan Uang

Published

on

Paket wisata Jogja saat ini menjadi transportasi alternatif yang digandrungi para wisatawan. Selain lebih hemat dari sisi biaya, pengunjung juga bisa mengeksplor lebih banyak destinasi-destinasi yang ada di wilayah Jogja dan sekitarnya.  Jadi, bisa dikatakan sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Mantap, bukan?

Banyak pilihan paket tour Jogja atau opsi paket yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan wisatawan. Salah satunya paket One Day Tour Jogja. Paket ini biasanya diminati oleh pengunjung yang memiliki waktu terbatas untuk berlibur, sehingga mereka memilih menggunakan waktu luang yang singkat itu untuk merefresh otak dan badan dengan menjelajahi alam.

Paket Tour Jogja: One Day Tour Jogja

Berikut beberapa destinasi paket wisata Jogja yang bisa dikunjungi dalam satu hari satu malam yang cocok untuk liburan bersama keluarga, teman, maupun gebetan.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk merupakan destinasi alam yang memiliki keindahan memikat mata siapapun yang melihat.  Air Terjun yang terletak di kawasan karst Gunung Kidul ini dikelilingi batu kapur dan tebing-tebing yang menjulang.

Sejarah awal kenapa diberi nama Air Terjun Sri Gethuk yaitu diambil dari nama buah Gethuk yang tumbuh di sekitar air. Buah ini memiliki tekstur kulit yang keras dan rasa yang manis. Karena bentuk air terjunnya sekilas menyerupai tumpukan buah Gethuk yang jatuh, akhirnya terpilihlah nama itu.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini terkenal sebagai mata air yang tidak pernah kering. Di sekeliling pancaran air terdapat kolam yang ada undak-undakan dari batu kapur. Sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menyegarkan badan yang pegal-pegal dan kepala yang kliyengan gara-gara tumpukan beban kehidupan, upss…

Sri Gethuk berasal dari tiga sumber mata air, yaitu sumber mata air Dong Poh, Ngandong dan Ngumbul. Beberapa pengunjung yang terpesona dengan keindahan air melakukan cliff jumping dari tebing ke arah sungai Oyo. Seru kan?

Baca Juga  Gratis Nikmati Wajah Baru TMII Tanggal 1 September 2023, Cek Jadwalnya

Goa Pindul

Goa Pindul adalah paket tour Jogja yang memamerkan keindahan alam sekaligus nuansa asyik ketika berselanjar menyusuri sungai di bawah tanah. Keindahan dinding-dinding batu yang ada di sisi kanan dan kiri sungai memberikan pemandangan yang estetik dan menyejukkan mata.

Dalam perjalanan penelusuran wisatawan akan dipandu oleh guide tour yang berpengalaman. Selain berenang menggunakan ban pelampung, wisatawan juga diperbolehkan menguji adrenalin atau melakukan atraksi untuk mengekspresikan diri dengan menceburkan diri atau melompat langsung dari tebing goa.

Spot yang tidak kalah menarik selain air terjun yaitu, offroad Goa Pindul. Sepanjang perjalanan, pengunjung disuguhi pemandangan yang hijau, segar, asri, serta aroma lumpur dan seruak tanah yang khas.

Waktu yang diperlukan untuk menempuh Goa Pindul dari arah Jogja kurang lebih sekitar 1 jam dengan panjang 40 km.

Tebing Breksi

Paket wisata Jogja One day yang sering dijadikan rekomendasi para wisatawan adalah Tebing Breksi. Berdasarkan cerita sejarahnya, Tebing Breksi terbentuk dari abu erupsi gunung berapi yang telah mengendap puluhan juta tahun. 

Dulu, Tebing Breksi merupakan salah satu sumber mata pencaharian penduduk sekitar. Batuan-batuan kapur yang indah itu setiap hari dikikis dan ditambang. Kemudian sekitar tahun 2014 setelah tersisa kurang lebih sepersepuluh dari volume tebing awal, ketika melakukan penelitian di dalamnya terdapat jenis batuan tufaan yang sangat langka.

Untuk sebab itu, akhirnya aktivitas menambang dihentikan dan Tebing Breksi saat ini diolah sebagai tempat wisata yang bernuansa romansa sekaligus estetik. Lapisan-lapisan bebatuan dipahat membentuk relief dan patung dari cerita pewayangan. Seperti pahatan patung Semar, pahatan Arjuna membunuh Buto Cakil, dan lain sebagainya.

Ketika berada di Tebing Breksi, suasana rasa kita seolah-olah diputar pada zaman kuno. Untuk mendapatkan kesan yang romantis, direkomendasikan untuk datang pada sore menjelang malam. Selain bisa menikmati matahari tenggelam, kerlab-kerlib neon lampu juga menambah kesyahduan. Sangat cocok lah kalau dipakai ngedate sama gebetan.

Baca Juga  Liburan Tiba! 5 Tempat Wisata Edukatif dan Ramah Anak di Yogyakarta Bisa Jadi Pilihan

Candi Ijo

Candi yang terletak di desa Sambirejo ini adalah candi tertinggi di Yogyakarta. Candi yang dibangun sekitar abad ke -9 memiliki ketinggian sekitar 410 meter di atas permukaan laut. Geografi yang berbentuk miring dengan tebing-tebing yang curam, selain menguji detak jantung juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengambil foto yang kece plus instagramable.

Destinasi Candi Ijo merupakan perpaduan antara keindahan alam dan budaya. Berbagai macam bentuk seni rupa dapat kita jumpai sejak menginjakkan kaki di pintu masuk. Selain kental dengan filosofi dan artistiknya, bentuk akulturasi antara kebudayaan Budha dan Hindu juga memberikan nuansa yang damai sekaligus sakral.

Setiap detail sudut bangunan candi memberikan makna yang mendalam tentang cerita-cerita yang pernah terjadi di masa silam. Sehingga pengunjung bukan hanya sekedar melakukan perjalanan biasa, tetapi juga bisa berefleksi serta menyatukan diri dengan alam dan budaya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion