Connect with us

Destinasi

Ladies, Catat! Tips Jadikan Pengalaman Solo Traveling-mu Aman dan Berkesan

Published

on

Travelling solo

Jakarta, Bindo.id – Solo traveling bisa jadi pengalaman yang seru dan berkesan. Dan bagi para perempuan, ini momennya kamu berdaya dan makin semangat. Mengurus semua hal sendirian, memilih destinasi, dan berkenalan dengan budaya baru; semuanya bisa menjadi proses mengenal diri sendiri dengan lebih baik #AlaEatPrayLove 🍴🙏🏻❤️.

Tinder berkolaborasi dengan Marischka Prudence, konten kreator traveling favorit kita, untuk berbagi inspirasi buat para member Tinder perempuan agar bisa solo traveling dengan lebih seru, aman, dan bermakna.

“Solo traveling bisa melatih ‘survival muscle’ kita. Saat kita belajar mengatur banyak hal dan membuat keputusan, alam bawah sadar kita akan terdorong untuk menciptakan perasaan aman. Karenanya, kita jadi lebih peka dalam merespon situasi di sekitar kita.” ujar Marischka, dalam keterangan tertulis.

Bawa Tinder sebagai teman yang menemanimu mengeksplor dunia dengan caramu. Girls, benar kata Marischka. Solo traveling itu memang seru, tapi juga harus aman. Ini tips yang bisa membantu kamu lebih siap menjelajahi dunia dan menjaga diri:

Pilih Destinasi Sesuai Level Pengalaman Kamu

Bagi para newbie, kamu bisa mulai dengan pergi ke tempat-tempat yang sudah pernah dikunjungi. Bali bisa jadi pilihan yang mudah karena relatif familiar. Nah, kalau kamu mencari pengalaman baru, cobain deh, ke Labuan Bajo di NTT dan Toraja di Sulawesi. Untuk destinasi luar negeri, Singapura, Jepang, dan Korea Selatan bisa jadi destinasi populer yang mudah dicoba. Intinya, sih, kepercayaan diri kamu perlu dilatih secara bertahap dulu.

Rencanakan Segalanya dengan Matang

Kalau kamu sudah punya rencana yang matang, artinya, siap berangkat! Bukan cuma persiapan basic ya, tapi juga backup seperti akses alternatif dan jadwal berbagai transportasi publik. Perhatikan pengeluaran terutama pas lagi musim liburan. Pelajari budaya lokal dan beradaptasilah dengan masyarakat setempat. Informasi tersebut akan membantu kesiapan fisik dan emosional kamu. Sehingga, kalau kenapa-napa (amit-amit), kamu bisa tetap tenang dan tahu harus gimana, agar tidak menjadi celah bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan situasi.

Baca Juga  Simak Yuk! Tips Saat Barang Tertinggal di Stasiun atau di Kereta Api

Siapkan Uang Tunai dan Berbagai Metode Pembayaran

Setiap negara punya metode pembayaran yang berbeda. Situasi yang tidak terduga bisa saja terjadi, dan sebaiknya kamu punya berbagai jenis metode pembayaran, seperti uang tunai, kartu debit, hingga aplikasi pembayaran dengan saldo yang cukup. Ingat, jangan bagikan detail akun keuangan kamu sembarangan.

Cari Kenalan Baru

Sebagai makhluk sosial, sudah sewajarnya kita perlu berinteraksi dengan orang lain. Paham sih, gimana canggungnya bertemu orang baru dan langsung hang out bareng. Karena itu lah, kamu bisa kenalan dengan orang baru dengan Tinder. Mulai dari kasih kode di bio profil-mu, “Lagi di Jogja sampai weekend ini. Rekomendasiin tempat kulineran hidden gem dong!”. Dengan begitu, kamu punya kesempatan lebih besar buat match sama orang yang siap hangout langsung. Pasti asyik kan, kalau ada yang teman jalan-jalan ke Museum Angkut di Malang?

“Bertemu orang baru dengan latar belakang yang berbeda dapat melatih toleransi kita. Saat kita mendengar pendapat yang berbeda dari teman sendiri, kita bisa menyanggah dengan mudah. Tapi dengan orang baru, kita lebih terdorong untuk memposisikan diri kita sebagai mereka. Ini bisa membantu kita belajar perspektif baru, dan akhirnya lebih mudah menerima perbedaan.” kata Marischka.

Saat kamu butuh waktu lebih lama untuk mengenal seseorang, kamu bisa match dengan orang lokal dengan Paspor Tinder sebelum berangkat. Tapi tetap ingat bahwa kamu sedang sendirian di tempat asing, jadi, bertemulah di tempat umum yang aman di sekitar tempat menginap kamu. Jangan berikan informasi pribadi dan tetaplah waspada. Untuk tips-tips keamanan lainnya, kamu bisa kunjungi Pusat Keamanan Tinder dan temukan cara terbaik untuk menjaga diri sendiri dan belajar lebih banyak dari Sumber Daya Keamanan destinasi kunjunganmu.

Baca Juga  Jangan Tunggu Rusak! Kenali Saat Ban Memerlukan Balancing

Emergency 101

Anggap lah perjalanan kamu lancar, tapi tetap harus punya persiapan darurat. Kabari orang-orang terdekat rencana perjalanan kamu, khususnya mereka yang bisa melacak saat kamu tersesat. Siapkan dikertas nomor paspor, alamat hotel, dan kontak darurat setempat dan taruh di kantong kamu, untuk jaga-jaga saat HP dan tas kamu hilang.

Abadikan Momen Terbaik

Foto liburan bisa jadi sumber dopamine yang memantik memori bahagia di otak, saat kamu melihatnya lagi dalam sebulan, setahun, atau bahkan 10 tahun dari sekarang. Berfoto sendiri mungkin terasa canggung, jadi siasati dengan membawa portable tripod dan selfie remote. Nah, foto-foto kece ini nantinya bisa dipasang di profil Tinder kamu. Tunggu aja, siapa tahu kamu bakal dapat bahan ngobrol dari match kamu kayak gini: ‘Eh bagus banget view-nya. Lagi dimana tuh?’

Sebagai perempuan Indonesia yang tumbuh dan besar di budaya timur, liburan sendirian kadang dianggap sebagai hal yang harus dihindari. Tapi, bagi para Gen-Z, saatnya kita mendobrak stereotip lama! Nggak perlu merasa malu atau insecure! Saatnya mengenal diri kamu dan bersosialisasi dengan orang baru di luar zona nyaman kamu melalui Tinder!.(bas)

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending