Connect with us

Destinasi

Gunung Merapi Erupsi, Jalur Kawasan Wisata Barat Daya Ditutup

Published

on

Erupsi Merapi

Sleman, Bindo.id — Saat ini obyek wisata paling dekat di Gunung Merapi yang berada di Kabupaten Sleman, seperti Tlogo Putri, untuk sementara ditutup menyusul adanya erupsi Merapi, Sabtu (11/3/2023).

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharja mengimbau masyarakat harus meningkatkan kewaspadaannya, termasuk para wisatawan yang berada di kawasan 7 Km dari radius Gunung Merapi.

“Saya kira ini harus mewaspadai hal itu karena sudah terjadi guguran awan panas juga bercampur dengan debu ya,” ujar Singgih, Sabtu (11/3/2023).

Dia menambahkan untuk daerah-daerah di barat daya Puncak Merapi apabila terjadi sesuatu yang kemudian mengharuskan destinasi wisata ditutup, maka dia memastikan untuk bisa segera dilakukan penutupan. Penutupan tersebut untuk menjaga supaya tidak ada hal-hal yang membahayakan bagi wisatawan.

Dia menandaskan keputusan penutupan yang harus diambil oleh para pengelola obyek wisata dengan tujuan supaya memastikan para wisatawan itu aman dan nyaman dari erupsi Gunung Merapi. “Ya semua itu untuk memastikan wisawatan aman dan nyaman saja,” tandasnya

Bagi pengelola jeep-jeep Merapi, dia menghimbau untuk sementara tidak mendekat ke puncak Gunung Merapi terlebih dahulu. Pengelola bisa melakukan pengalihan jalur jika memang jalur awal masuk kawasan yang membahayakan.

“Itu segera perlu dilakukan penghentian sementara terlebih dahulu saya kira bisa menyesuaikan kan itu jadi yang kira-kira rute yang agak naik tinggi saya kira dihindarkan terlebih dahulu dan mencari rute yang lebih aman,” pungkasnya.

Untuk penerbangan sendiri, dia mengaku sampai saat ini memang belum menerima laporan dari otoritas bandara baik YIA ataupun Adisutjipto. Namun ia berharap agar tetap aman dan terkendali.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Pelonggaran Penggunaan Masker di KA Bandara Kualanamu dan Yogyakarta International Airport