Connect with us

Bisnis

Pengusaha Sepatu Asal Bogor Ekspor Lewat Shopee Untuk Kembangkan Bisnis Dan Go Global

Published

on

Sepatu Wanita Patris [shopee]
Sepatu Wanita Patris [shopee]

Jakarta, Bindo.id – Bisnis online lewat e-commerce jadi berkah serta sumber rezeki bagi banyak orang, terlebih pada pegiat UMKM lokal.

Usaha sepatu yang asalnya dari Bogor bernama Patris juga turut memanfaatkan bisnis online ini.

Patris didirikan oleh Ricco Antonius. Usaha sepatu milik Ricco ini kini menjadi salah satu UMKM yang sukses meraup rezeki dari bisnis online.

Mulai bisnis sepatu ketika pandemi, membuat penjualan toko Patris Official berkembang pesat bahkan berhasil bertumbuh dengan waktu kurang dari setahun.

Patris sempat dilema saat memutuskan untuk memulai bisnis sepatu saat orang-orang harus tinggal di rumah sebab kebijakan lockdown.

“Awalnya pas mau seriusin bikin bisnis sepatu sendiri agak bingung. Lagi pandemi kan orang harus di rumah ya, tapi kok malah bikin bisnis sepatu,” ujarnya.

Namun, dia mengaku karena memiliki tekad yang sudah bulat dari dulu, serta keluarga yang sudah memiliki pengalaman tentang bisnis sepatu (offline), akhirnya dirinya memutuskan untuk menjual secara online di Shopee.

Ricco percaya bahwa Shopee mempunyai jangkauan pembeli yang sangat luas.

Selain itu, mereka juga sadar banyak masyarakat Indonesia sudah beralih ke belanja online saat memenuhi kebutuhan.

“Memang kita pilih untuk langsung menjual produk Patris secara online di Shopee supaya bisa menjangkau lebih banyak pembeli,” ujarnya.

Dirinya merasa banyak masyarakat Indonesia yang belanja kebutuhan di Shopee, sehingga dirinya yakin jika Shopee bisa mendatangkan banyak pembeli untuk produk miliknya.

Dari segi aplikasi dirinya menilai bahwa Shopee sangat mudah untuk dipakai oleh penjual

Perjalanan Patris di Shopee mengalami perkembangan pesat selama 3 tahun terakhir.

Mereka mengawalinya sebagai Star Seller serta mampu naik ke dalam kategori Star+ Seller dengan waktu kurang dari tiga bulan.

Baca Juga  2.200 Mahasiswa Dilatih Kemendikbudristek Menjadi Eksportir Muda

Tak hanya itu, Patris juga berhasil mencapai kategori ‘Mall’ yang menjadi kategori tertinggi penjual di Shopee.

Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun Patris mampu mencapai kategori ‘Mall’.

Keberhasilan ini tentu didukung dengan penjualan yang konsisten, tingginya penilaian toko, serta respons cepat saat ada pertanyaan dari pembeli.

Salah satu langkah penting dari perjalanan Patris yakni iku bergabung dalam Program Ekspor Shopee.

Dalam satu tahun terakhir, mereka sudah berhasil melakukan ekspor produk Patris ke Malaysia serta Singapura.

Saat ini Patris masih lebih fokus di pasar lokal lewat Shopee.

Namun di masa depan, mereka mempunyai rencana agar lebih aktif untuk menjelajahi pasar ekspor ke negara lainnya.

Program Ekspor Shopee memiliki manfaat besar untuk Patris. Mereka hanya perlu mengirimkan pesanan ke gudang ekspor Shopee tanpa perlu memikirkan tentang perizinan serta cukai.

Hal ini memungkinkan Patris agar dapat fokus menciptakan sepatu wanita yang memiliki kualitas tinggi.

Selain itu Patris juga fokus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka.

Pada sejarah bisnis Patris, dari pandemi yang mulanya jadi tantangan sampai meraih kesuksesan di Shopee serta Program Ekspornya, satu hal yang tetap konsisten yakni semangat untuk terus berkembang serta memastikan agar produk yang mereka milimi tetap memenuhi standar kualitas yang tinggi.

Lewat dedikasi mereka, Patris merupakan contoh sukses bagaimana platform digital bisa jadi mitra ideal untuk penjual yang ingin mengembangkan bisnis secara online dengan target konsumen yang ada di pasar lokal maupun internasional.

Kisah Patris menjajaki pasar ekspor harapannya bisa direplikasi oleh UMKM lainnya yang ada di Indonesia.

Pekan lalu, Presiden Joko Widodo membuat Satuan Tugas Peningkatan Ekspor yang memiliki fokus untuk UMKM di Indonesia.

Baca Juga  50 UMKM Binaan Pertamina, Siap Assessment Sertifikasi Halal

Satgas ini memiliki fokus untuk melaksanakan pengembangan pasar ekspor.

Tugas lain dari satgas ini yakni menetapkan strategi peningkatan peran ekspor pada usaha mikro, kecil, dan menengah dengan cara mengintegrasikan pada ekosistem penyedia ekspor nasional.

Harapannya kesuksesan Patris bisa juga membuka jalan agar UMKM dapat mendunia.

Hal ini sejalan dengan fokus pemerintah agar dapat meningkatkan ekspor di dalam negeri.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion