Connect with us

Bisnis

SKK Migas Resmi Meluncurkan IOG E-commerce, Jual Beli Migas Bisan Online Maupun Offline

Published

on

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah resmi menerbitkan katalog digital atau digital marketplace yang berbasis website [kumparan]
Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah resmi menerbitkan katalog digital atau digital marketplace yang berbasis website [kumparan]

Jakarta, Bindo.id – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah resmi menerbitkan katalog digital atau digital marketplace yang berbasis website.

Platform ini bisa dipakai oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) hulu migas untuk melaksanakan pembelian barang serta jasa secara langsung maupun daring.

Platform ini bernama Indonesian Oil and Gas E-Commerce (IOG E-Commerce).

Peluncurannya digelar saat acara the 4th International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas 2023, yang dilaksanakan di Nusa Dua Bali, Rabu (20/9/2023).

Seperti e-commerce pada umumnya, IOG E-Commerce mudah diakses serta dipakai.

Sistem ini akan menampilkan produk unggulan yang berasal dari penyedi yang sudah menjalin kerja sama dengan Kontraktor KKS.

Lebih dari 1.000 produk sudah terdaftar di IOG E-Commerce.

Sistem ini juga sudah memberikan fasilitas proses order tracking yang lebih cepat serta mudah.

“Hadirnya IOG E-Commerce ini membawa sejumlah manfaat bagi kegiatan pengadaan barang dan jasa di Kontraktor KKS,” tutur Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Sejumlah manfaat yakni membuat kegiatan pengadaan barang serta jasa jadi lebih efektif, efisien, kompetitif, adil serta bertanggung jawab.

Dwi menuturkan proses transaksi di sistem ini akan berjalan dengan cepat sehingga proses produksi akan meningkat.

Seluruh aliran proses dilakukan sinkronisasi sehingga proses transaksi bisa dilaksanakan secara efisien¸ efektif, serta dapat terkontrol dengan baik.

Dirinya menyebutkan target dari interaksi ini supaya terjadi transaksi bisnis antara kedua pihak yang didasari oleh kepuasan pelanggan.

IOG E-Commerce ini terintegrasi dengan sistem Centralized Integrated Vendor Database (CIVD).

Sistem ini merupakan suatu sistem online untuk melakukan penilaian kualifikasi penyedia barang dan jasa secara terpusat serta terintegrasi antar Kontraktor KKS.

Baca Juga  Fitur TikTok Shop Resmi Dihentikan Tanggal 4 Oktober 2023

Selain itu juga sebagai database hasil penilaian kualifikasi bagi aspek administrasi, Keselamatan Kerja dan Lindung Lingkungan (K3LL), serta data kualifikasi lainnya.

Platform ini dibuat berdasarkan kerja sama SKK Migas bersama 27 Kontraktor KKS.

IOG E-commerce akan memperluas kesempatan bagi para perusahaan yang ada di Indonesia untuk jadi vendor Kontraktor KKS hulu migas.

“Peluncuran IOG e-Commerce hari ini merupakan salah satu rangkaian program digitalisasi dalam rantai suplai hulu migas,” ujarnya, dilansir dari detikcom.

E-comerce ini merupakan program digitalisasi yang dikembangkan sejak enam tahun terakhir.

Pengadaan barang dan jasa menjadi salah satu aspek strategis yang memberikan dukungan kegiatan industri hulu migas.

Di tahun 2023 hingga bulan Agustus 2023 nilai pengadaan barang dan jasa di industri hulu migas nilainya mencapai sebanyak US$5 miliar.

Dwi memiliki harapan, digitalisasi pengadaan juga bisa memberikan dukungan pencapaian visi industri hulu migas di tahun 2030.

Visinya yakni peningkatan produksi minyak jadi 1 juta BOPD serta produksi gas 12 BSCFD.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion