Connect with us

Ekonomi

RI Dan Vietnam Dorong Kerjasama Mobil Listrik Serta Ketahanan Pangan

Published

on

Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral bersama Presiden Vietnam Vo Van Thuong [setkab]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral bersama Presiden Vietnam Vo Van Thuong.

Di pertemuan itu, kedua negara telah sepakat untuk menjalin beberapa kerja sama.

Poin kerja sama pertama yakni meningkatkan target perdagangan baru.

Di bidang investasi, Jokowi menyambut dengan baik peningkatan investasi antara kedua negara, terutama perusahaan besar maupun unicorn yang berasal dari Indonesia yang sudah melakukan investasi secara signifikan di Vietnam.

“Saya yakin mereka akan diberikan kemudahan dan perlindungan yang baik, dan saya mendorong perusahaan Vietnam untuk memperkuat investasinya di Indonesia,” ujar Jokowi, dikutip Sabtu (13/1/2024).

Jokowi juga menyebutkan kedua negara telah sepakat dengan penguatan kerja sama ketahanan pangan terutama di bidang pertanian serta perikanan.

“Kita sepakat untuk memperkuat kerja sama di bidang pertanian dan perikanan di mana penandatanganan MoU kerja sama perikanan adalah momentum besar untuk mendorong kolaborasi dan investasi di bidang ini,” ujarnya.

Jokowi juga menyambut baik kerja sama teknologi, informasi, serta komunikasi untuk mendorong kemajuan industri digital di kedua negara.

Dirinya menyebutkan Indonesia maupun Vietnam juga sudah sepakat untuk menjalin kolaborasi pada bidang ekosistem mobil listrik dan baterai, maupun transisi energi.

“Saya menyambut baik komitmen investasi VinFast untuk membangun ekosistem mobil listrik dan baterai di Indonesia,” tuturnya.

“Kita juga sepakat memajukan kerja sama di bidang transisi energi dan ekonomi digital untuk mendorong kemakmuran rakyat dan kawasan,” imbuhnya.

Jokowi menerangkan bahwa Indonesia dan Vietnam memiliki komitmen untuk menjaga stabilitas serta pertumbuhan ekonomi yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Salah satu implementasinya yakni ASEAN Outlook on the Indo-Pacific serta memberikan dukungan pada keketuaan Laos di ASEAN.

Baca Juga  Mobil Listrik Harga 100 Jutaan Dikenalkan Di Pameran PEVS 2023

Di pertemuan tersebut Presiden Jokowi juga didampingi oleh sejumlah Menteri.

Menteri yang turut mendampingi di pertemuan tersebut yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, serta Duta Besar RI untuk Vietnam Denny Abdi juga turut mendampingi Presiden Jokowi di pertemuan tersebut.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion