Connect with us

Ekonomi

4 Barang Positif List Impor Yang Disetujui Oleh Mendag Zulhas

Published

on

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas) [rmol]
Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas) [rmol]

Jakarta, Bindo.id – Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan (Zulhas) menyampaikan pengumuman hasil kesepakatan barang-barang yang termasuk positif list impor.

Zulhas menyampaikan hal ini usai hadir pada Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) di Kementerian Koordinator Perekonomian RI.

“Disepakati tadi, pengaturan positif list barang. Yang positif list selalu ditanyakan oleh teman-teman media,” tutur Zulhas, Selasa (31/19/2023).

Positif list merupakan perubahan Permendag nomor 50 tahun 2022 kini diubah jadi permendag nomor 31 tahun 2023 tentang e-commerce

Dirinya menuturkan ada 4 jenis barang yang diizinkan dapat diimpor melalui e-commerce tanpa adanya batas transaksi. Keempat jenis barang tersebut yakni buku, film, software, serta musik.

Nantinya positive list ini akan dilakukan evaluasi setiap 6 bulan.

“Tapi yang sudah disetujui tadi positif list satu buku, dua film, tiga software, empat musik,” ujarnya.

Zulhas juga melaporkan telah sepakati perubahan Peraturan Menteri Perdagangan (permendag) No. 25 Tahun 2022. Peraturan ini rencananya akan selesai di waktu dekat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi pimpinanan dalam rakortas ini. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki juga turut hadir dalam agenda ini.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Mendag: Indonesia-AS Setujui Kerjasama Atasi Permasalahan Deforestasi