Connect with us

Ekonomi

Usaha Busana Tenun Endek Binaan BNI, Dikenakan Ibu Negara hingga Masyarakat Dunia

Published

on

Foto:istimewa

Jakarta, Bindo.id – Kecintaan terhadap budaya di tanah kelahiran mendorong Wayan Ria Mariani menekuni bisnis busana Tenun Endek siap pakai. Perlahan, rancangannya menarik antusiasme pejabat Negara hingga pembeli luar negeri.

Ria merupakan pemilik butik Rhea Cempaka. Saat ini, dirinya merupakan satu dari sekian banyak usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) binaan PT Bank Negara Indonesia, Tbk (Persero).

Awalnya, usaha Ria hanya berkonsentrasi pada pakaian adat Bali. Perlahan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali mengusulkan pada perancang untuk melirik Tenun Endek ready to wear alias siap pakai.

Langkah ini rupanya membawa berkah tersendiri bagi Rhea Cempaka. Bekerja sama dengan sejumlah pengrajin tenun di Bali, Ria mulai merancang Tenun Endek yang langsung dapat dipakai.

Puncaknya, hasil rancangan Ria dilirik masyarakat internasional, terutama saat gelaran G20 di Bali pada November 2023. BNI memfasilitasi Rhea Cempaka sebagai salah satu peserta pameran UMKM selama agenda akbar tersebut.

“Saat G20 kemarin, permintaan tenun endek siap pakai dan songket sangat luar biasa. Saat itu, saya ditunjuk BNI untuk ikut pameran G20 Art Bali Collection,” katanya.

Pengalaman yang paling mengharukan menurutnya adalah, rancangan tenun endek dan songket rancangannya dikenakan Ibu Negara Iriana Joko Widodo selama G20 saat pertemuan bilateral dengan pemerintah China.

Ria mengapresiasi kesungguhan BNI dalam mendukung pertumbuhan UMKM. Menurutnya, bank milik negara ini memang memberikan support nyata kepada pelaku usaha kecil menengah. Bahkan, dirinya mendapat fasilitas kredit usaha rakyat (KUR) dari BNI.

“BNI sangat fokus mendukung UMKM, beda dengan yang lain yang saya tahu. Setiap ada pameran, saya selalu diajak BNI dan memang saya akui BNI fokus mendukung UMKM,” urainya.

Baca Juga  Dukung UMKM Lokal, Bupati Blitar Menghadiri Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Pelaku Usaha

Selama pandemi misalnya, Ria sempat khawatir tak mampu membayar pinjaman kepada BNI. Namun, BNI malah membantu meningkatkan pemasaran dan penjualan bisnisnya sehingga dirinya tetap dapat mencicil kredit.

Adapun, demi mempermudah transaksi hariannya, Ria menggunakan BNI Mobile Banking dan BNI Merchant.

“Sedangkan untuk urusan bisnis, butik Rhea Cempaka juga menggunakan Electronic Data Capture (EDC) dan QRIS BNI,” akunya.

Ria bahkan memanfaatkan fasilitas kartu kredit BNI Platinum dan Garuda Platinum untuk memudahkannya bertransaksi kebutuhan butik.

“Selama memakai produk digital dipermudah transaksi saya dan semua transaksi penjualan pun saya bisa cek. Produk BNI termasuk kartu kredit pun saya pakai untuk memperlancar usaha saya,” tuturnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Rhea Cempaka sudah terlibat dalam sejumlah pameran internasional mulai dari Malaysia, Filipina, termasuk Jakarta Fashion & Food Festival 2013, Hong Kong Fashion Week 2015.

Ke depan, Wayan Ria Mariani berharap BNI kembali mengajaknya untuk menjadi peserta pada INACraft agar bisnis busana yang telah dirintisnya makin dikenal baik masyarakat nusantara hingga hingga Go Global sesuai visi BNI terhadap UMKM binaannya.

BNI terus berkomitmen untuk terlibat aktif dalam menggerakkan ekonomi Indonesia Maju dengan berfokus pada tiga hal yaitu, Go Global, Go Digital, dan Go Green.

Visi tersebut telah dilaksanakan selama 77 tahun BNI berdiri sebagai bank milik negara. Tidak hanya berfokus untuk mendorong profitabilitas dan kinerja berkelanjutan, BNI juga mendorong upaya menggerakkan kinerja ekonomi agar dapat maju bersama.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion