Connect with us

Teknologi

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli UPS?

Published

on

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli UPS untuk PC / Komputer Gaming

Ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba dari pihak PLN, seseorang perlu menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) yang merupakan sebuah alat untuk menyimpan daya. Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, apa saja yang harus diperhatikan sebelum beli UPS? Untuk menjawab rasa penasaran Anda akan hal ini, maka tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan lengkapnya di artikel berikut.

Hal-hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli UPS?

Pada dasarnya, UPS dikatakan sebagai suatu alat yang dapat menyalakan sebuah barang elektronik, akan tetapi alat elektronik tersebut hanya menyala dalam waktu yang singkat. Terlepas dari hal tersebut, bagi Anda yang ada rencana untuk membeli UPS di pasaran, alangkah lebih baiknya untuk menyimak beberapa tips penting di bawah ini sebelum membelinya.

Lihat Berapa Jumlah Outlet yang Ditawarkan

Salah satu hal penting utama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli UPS yakni lihat terlebih dahulu berapa jumlah outlet atau perangkat yang dimiliki dan berapa perangkat yang memang sangat perlu dilindungi dengan UPS. Ini penting dilakukan mengingat UPS sendiri umumnya hanya memiliki beberapa outlet listrik saja sehingga penting untuk memeriksa berapa jumlah outlet yang didukung baterai. Meskipun sudah banyak orang yang tahu akan hal ini, akan tetapi Anda jangan sampai terkejut jika mengetahuinya ketika pertama kali terjadi listrik padam.

Cek Kebutuhan Daya yang Dibutuhkan

Hal lain yang juga tidak kalah untuk Anda perhatikan baik-baik sebelum membeli UPS yakni cek jumlah daya yang dibutuhkan oleh perangkat yang nantinya akan terhubung pada UPS. Apabila perangkat memerlukan daya yang lebih dari yang dihasilkan UPS, maka bisa jadi perangkat akan mati dan bahkan memiliki tenaga penuh. Dalam hal ini, Anda dapat mengetahui seberapa besar kebutuhan listrik perangkat dengan menggunakan watt-meter dan lakukan pemeriksaan pada semua perangkat yang memang perlu ditenagai oleh UPS tersebut.

Baca Juga  5 UPS yang Cocok untuk PC Gaming dan Harganya

Pertimbangkan Berapa Lama Perangkat Harus Bertahan

Mempertimbangkan berapa lama perangkat harus bertahan hidup setelah terjadinya pemadaman listrik juga dinilai sangat penting untuk dilakukan sebelum membeli UPS. Sebab, ada sebagian orang membeli UPS lantaran ingin memiliki beberapa menit waktu untuk dapat menyimpan setiap pekerjaan dan mematikan perangkat dengan normal serta ada juga yang ingin agar UPS bisa membantu seseorang dapat bekerja selama terjadi pemadaman. Adapun untuk mengetahui berapa lama UPS dapat menyuplai daya ke perangkat yang terhubung ini, maka Anda bisa menambahkan watt yang dibutuhkan kemudian lihat rujukan runtime beban produk pada UPS.

Lihat Fitur-fitur yang Dimiliki UPS

Mungkin sebagian orang beranggapan jika UPS hanya memiliki fitur yang sederhana, memasang perangkat dan jika terjadi pemadaman listrik akan langsung digantikan oleh baterai. Padahal pada kenyataannya, UPS sendiri hadir dengan menawarkan fitur-fitur tertentu di antaranya yakni seperti notifikasi baterai ketika dilepas, konektivitas USB dan software suit untuk mengontrol kondisi UPS dari PC dan untuk UPS profesional tentunya menawarkan fitur yang lebih banyak lagi. Oleh karena itu, bagi Anda sebelum membeli UPS pastikan untuk melihat apa saja fitur-fitur yang dimiliki UPS tersebut sebagai bahan pertimbangan sebelum digunakan untuk menyuplai daya pada perangkat yang digunakan.

Demikianlah tadi ulasan menarik yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai hal penting apa saja yang harus diperhatikan sebelum beli UPS? Yang mana, UPS ini digunakan sebagai alat penyuplai daya pada perangkat tertentu.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *