Connect with us

Teknologi

Status Whatsapp Saat Ini Berdurasi Lebih Panjang Dan Siapkan Fitur Lainnya

Published

on

Ilustrasi status whatsapp [voi]

Jakarta, Bindo.id – Video pada status WhatsApp (WA) saat ini memiliki durasi yang lebih panjang.

Melalui channel (saluran) resminya, WhatsApp telah mengumumkan bahwa saat ini pengguna dapat berbagi video di status WA dengan durasi sampai 60 detik (1 menit). Durasi ini tentunya lebih panjang 2 kali lipat dari sebelumnya 30 detik.

“Gandakan waktu untuk mengekspresikan diri, dengan lebih banyak ruang untuk berbagi hal yang penting,” unggahan WhatsApp di channel WA.

Saat pengguna mengunggah video dengan durasi lebih dari 1 menit, WhatsApp secara otomatis akan memilih klip dari 60 detik pertama. Pengguna dapat menggeser bilah trim video pada momen pilihannya, dengan durasi maksimal tetap selama 1 menit.

Sehingga saat ini durasi video di status WA sama seperti Instagram Stories.

Selain durasi, saat ini tampilan status WA juga dibuat sama seperti IG Stories, yaitu disusun berjejer ke samping.

Hadirnya durasi video status WA yang lebih panjang ini sebelumnya di bulan Maret lalu telah di-spill lebih dulu oleh WABetaInfo. Fitur baru di WhatsApp sering di-spill lebih dulu di WABetaInfo ini.

Tidak hanya status WA, saat ini pengguna juga dapat membuat status pesan suara (voice status) dengan durasi yang lebih panjang yakni maksimal 1 menit.

Sebelumnya, pengguna hanya dapat mengunggah status pesan suara maksimal 30 detik. 

Apabila belum familier, WhatsApp Status sendiri merupakan fitur yang memungkinkan para pengguna untuk mengunggah berbagai konten, termasuk foto, video, maupun pesan suara.

Fitur ini mirip dengan Instagram Stories (IG Stories) sebab konten yang diunggah akan menghilang otomatis setelah 24 jam.

Dilansir dari KompasTekno, Rabu (29/5/2024), fitur status pesan suara maupun video yang lebih panjang ini telah tersedia di WhatsApp pada ponsel Android dengan versi 2.24.10.85.

WhatsApp siapkan fitur lain

Telah disampaikan whatsapp saat ini sedang mempersiapkan fitur baru lainnya.

Baca Juga  Infeksi Saluran Kemih pada Wanita: Kenali Penyebab dan Gejalanya

Contohnya, fitur transkrip pesan suara bagi pengguna Android. Fitur ini sebetulnya telah tersedia di WA versi iOS mulai bulan Mei 2023, namun akan diperluas kepada pengguna Android.

Dengan fitur ini memungkinkan para pengguna untuk mengganti pesan suara menjadi teks.

Pengguna dapat mengetahui isi pesan suara tersebut tanpa perlu memutarnya lebih dahulu.

Sehingga, pengguna yang sedang sibuk atau dalam kondisi bising yang tak dapat mendengar pesan suara dapat lebih dimudahkan.

WhatsApp juga dilaporkan sedang mempersiapkan fitur yang bernama “Create AI Profile Picture”. Fitur ini sebagai generator gambar profil AI untuk profil WhatsApp.

Dengan memakai AI, fitur “Create AI Profile Picture” memungkinkan para pengguna untuk membuat foto profil dari deskripsi teks. Nantinya, AI akan mengubah deskripsi itu jadi gambar, yang kemudian dapat dibuat menjadi foto profil WA

WhatsApp juga akan memungkinkan para pengguna untuk melakukan panggilan telepon dengan pengguna lain, walaupun kontaknya tak disimpan di ponsel.

Fitur baru WhatsApp tersebut masih di tahap pengembangan, namun kemunculannya sudah tampak lewat pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.24.9.28.

Berdasarkan tangkapan gambar yang dibagikan oleh WABetaInfo, WhatsApp akan menyediakan dialer atau papan tombol panggilan.

Tampilannya mirip dengan dialer yang terdapat di ponsel, terdiri dari digit angka yang disertai abjad beserta tombol telepon.

Dengan fitur tersebut, para pengguna dapat mengetikkan nomor kontak yang belum tersimpan namun terdaftar di WhatsApp, agar bisa melakukan panggilan telepon.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion