Connect with us

Teknologi

Ribuan BTS 4G Dan Satelit Satria-1 Di Talaud Diresmikan Presiden Jokowi

Published

on

Presiden Joko Widodo telah resmikan ribuan Base Transceiver Station (BTS) 4G Bakti beserta pengoperasian Satelit Republik Indonesia 1 (Satria-1) di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023) [rm]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo telah resmikan ribuan Base Transceiver Station (BTS) 4G Bakti beserta pengoperasian Satelit Republik Indonesia 1 (Satria-1) di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023).

Peresmian tersebut dilaksanakan pada kunjungan kerja Jokowi ke Provinsi Sulawesi Utara.

Hadirnya BTS 4G membuat desa tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) saat ini mendapatkan informasi lewat internet.

“Dengan memohon berkah dan anugerah Tuhan Yang Maha Esa, pada siang hari ini, saya resmikan pengoperasian sinyal BTS 4G Bakti dan akses internet di desa 3T, serta pengoperasian dan integrasi Satelit Republik Indonesia-1 di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Jokowi saat peresmian. Peresmian tersebut ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Setidaknya ada 4.988 BTS dari total target 5.618 BTS sudah beroperasi sampaiDesember 2023. Sehingga, masih terdapat 630 BTS lagi yang pembangunannya akak terus dikebut.

Jokowi menuturkan 630 unit BTS 4G Bakti tersebut akan dibangun di Papua.

“Masih ada yang tertinggal 630 yang berada di Tanah Papua. Memang di sana medannya juga sangat sulit, keamanannya juga perlu didampingi,” ujarnya.

Namun, Jokowi telah memerintahkan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo supaya pembangunan BTS yang masih tersisa dapat didampingi oleh aparat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan sudah memperoleh janji dari Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi supaya pembangunan ratusan BTS tersebut selesai pada semester I 2024.

“Jangan (cuma bilang) siap-siap, lho. Saya catat benar, lho,” tutur Jokowi.

Sebelum menuju ke BTS Bowombaru Utara serta meresmikan BTS 4G Bakti, awal kunjungan Jokowi yakni berkunjung di salah satu pasar yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca Juga  1.000 Sertifikat Tanah Program PTSL Diserahkan Wamen ATR/BPN Di Kendal-Batang

Kedatangannya ke Kepulau Talaud  untuk melakukan pengecekan harga beberapa kebutuhan pokok. Di Kabupaten Kepulauan Talaud, Presiden juga melakukan peninjauan di  Jalan Lingkar Karakelang.

Dari Kabupaten Kepulauan Talaud, Presiden Jokowi akan berangkat ke Kota Manado. Di sana, Jokowi akan menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino. Penyerahan bantuan digelar di Kantor Pos Manado.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion