Connect with us

Info Regional

Mantap, Terminal Teluk Lamong Sabet Penghargaan Kinerja Operasional dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Terbaik di KSOP Tanjung Perak Award

Published

on

foto:istimewa

SURABAYA (Bindo.id) – Bertepatan pada acara KSOP Utama Tanjung Perak Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Perak Surabaya, PT Terminal Teluk Lamong (TTL) mendapatkan 2 (dua) penghargaan Kategori Badan Usaha Pelabuhan (BUP) dengan pengelolaan lingkungan hidup terbaik dan Katagori Terminal Operator Pelabuhan dengan kinerja pelayanan operasional terbaik.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala KSOP Utama Tanjung Perak Surabaya, Capt. Heru Susanto di Hotel Bumi Surabaya, dalam keterangan tertulis, Kamis (1/2/2024).

Dalam kesempatan tersebut Capt. Heru Susanto mengajak seluruh stakeholder dan pengguna jasa kepelabuhanan di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk meningkatkan kinerja operasional menuju Pelabuhan Tanjung Perak yang lebih baik serta dapat meningkatkan perekonomian yang ada di wilayah Perak. “Atas nama KSOP Tanjung Perak dan atas nama pribadi, saya ucapkan selamat dan terima kasih setinggi tingginya atas prestasi yang diraih. Marilah kita bersama-sama meningkatkan kinerja operasional menuju pelabuhan Tanjung Perak yang lebih baik” ujarnya.

PT Terminal Teluk Lamong sebagai BUP pengelolaan lingkungan hidup terbaik telah melakukan beberapa pogram yang berwawasan lingkungan pada tahun 2023, contohnya seperti Greenerse yang merupakan gerakan menanam pohon di area terminal yang dilakukan oleh pekerja maupun mitra kerja, selain itu kampus yang akan melakukan kunjungan belajar di TTL juga membawa bibit pohon untuk mendukung program Greenerse sehingga diharapkan para mahasiswa juga turut berkontribusi melestarikan lingkungan hidup.

Dalam pengelolaan sampah, TTL telah bekerjasama dengan TPS 3R Tambak Osowilangun sehingga hampir 30% dari sampah yg dihasilkan dapat dikelola dan tidak berakhir di TPA Benowo. ditahun yang sama, TTL telah membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) cluster 1 untuk limbah domestik yang berasal dari gedung utama kantor PT Terminal Teluk Lamong, kemudian pada tahun 2024 nanti akan dilakukan pembangunan IPAL Cluster 2 untuk melayani pengolahan air limbah domestik dari area kantin dan sekitarnya.

Di bidang operasional, penghargaan sebagai terminal dengan kinerja pelayanan operasional terbaik ini merupakan hasil kolaborasi dan komunikasi yang baik antara TTL dengan stakeholder dan pengguna jasa.

Kalbar Yanto, Direktur Operasi dan Teknik PT Terminal Teluk Lamong menyampaikan bahwa visi PT Terminal Teluk Lamong yaitu menjadi Green Smart Port terbaik, dibuktikan dengan komitmen yang tinggi dalam peningkatan kinerja operasional dan  pengelolaan lingkungan hidup yang baik dalam mendukung keberlanjutan bisnis. “Saya yakin penghargaan ini dapat semakin memotivasi kami untuk meningkatkan kinerja dan melestarikan lingkungan, kedepannya kami akan memperbanyak keterlibatan pegawai dalam berinovasi dalam peningkatan pelayanan operasional dan berkontribusi terhadap pengelolaan lingkungan di TTL” tandasnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Pemkot Surabaya Raih Penghargaan Media Sosial Terbaik di AMH Kemenkominfo 2023