Connect with us

Info Regional

Jokowi Resmikan Tangguh Train 3 Yang Hasilkan Gas Bumi Terbesar Di Indonesia

Published

on

Presiden Jokowi resmikan Tangguh Train 3 [bisnis]
Presiden Jokowi resmikan Tangguh Train 3 [bisnis]

Jakarta, Bindo.id – Proyek Strategis Nasional (PSN) Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni, Papua Barat telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

PSN Tangguh Train 3 sebagai proyek penghasil gas bumi yang paling besar di Indonesia.

“Puji dan syukur alhamdulillah hari ini kita akan meresmikan proyek Tangguh Train 3, penghasil gas bumi terbesar di Indonesia,” tutur Jokowi, Jum’at (24//11/2023).

Akan dilaksanakan juga groundbreaking proyek [pengembangan lapangan] Ubadari, CCUS (Carbon Capture, Utilization, and Storage), proyek hilirisasi blue ammonia, serta proyek lapangan migas asap kido merah.

Jokowi menuturkan proyek Tangguh Train 3 dibangun menggunakan investasi sebesar US$ 4,83 miliar atau setara Rp 72,45 triliun.

Dia berpendapat proyek ini akan membuat kapasitas produksi tahunan tangguh LNG meningkat menjadi 11,4 juta ton per tahunnya.

“Dan berkontribusi signifikan untuk mendukung target produksi gas 12 standar kaki kubik per hari pada 2030,” ujar Jokowi.

Jokowi merasa senang adanya proyek investasi ini sebab menyerap banyak tenaga kerja yang berasal dari Indonesia.

Dirinya menuturkan sebanyak 70 persen tenaga operasional dari proyek ini merupakan pekerja dari Papua Barat maupun Papua.

Dirinya juga mendengar ada target baru pada tahun 2029 mencapai 85 persen tenaga kerja dari Indonesia.

Menurutnya hal ini sangat bagus. Sebanyak 105 teknisi operasi serta pemeliharaan kilang LNG merupakan putra-putri Papua Barat dan Indonesia yang sudah direkrut sejak SMA. Mereka menjalani program pendidikan dari BP Berau Ltd.

“Di kesempatan yang baik ini dan dengan memohon berkah dan anugerah tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini saya resmikan Proyek Strategis Nasional Tangguh Train 3 di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat,” tuturnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Firli Bahuri Sudah Kirimkan Surat Pengunduran Dirinya Ke Presiden Jokowi