Connect with us

Info Regional

Imigrasi Sediakan Layanan Paspor Simpatik Bagi Calon Jamaah Haji Jakarta Barat

Published

on

Ilustrasi Layanan Paspor Simpatik [imigrasi]
Ilustrasi Layanan Paspor Simpatik [imigrasi]

Jakarta, Bindo.id – Program Layanan Paspor Simpatik menjadi tindak lanjut terhadap arahan Dirjen Imigrasi Silmy Karim agar dapat memberikan akomodir kebutuhan masyarakat saat memberikan pelayanan paspor pada hari sabtu dan minggu (weekend).

Program Layanan Paspor Simpatik

Pertama kalinya pada tahun 2023, Kantor Imigrasi Jakarta Barat melakukan kerja sama dengan Kementerian Agama Jakarta Barat mengadakan Layanan Paspor Simpatik. Layanan paspor simpatik ini diperuntukkan bagi Calon Jamaah Haji yang berada di wilayah Jakarta Barat.

Program ini digelar di Yayasan Pendidikan Islam Al-Mujahidin Joglo, Kembangan, Jakarta Barat. Program ini berlangsung selama 2 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu, 11-12 Maret 2023.

Pada kesempatan yang sama tentang surat rekomendasi dari Kementerian Agama sudah tak disyaratkan lagi pada pelaksanaan paspor haji di tahun 2023. Hal ini berdasarkan arahan Dirjen Imigrasi. Program ini membuat proses pemeriksaan dokumen permohonan paspor untuk calon jamaah haji dapat lebih cepat.

Wahyu Eka Putra selaku Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Barat menuturkan bahwa Calon Jamaah Haji memiliki antisiasme yang tinggi pada layanan paspor simpatik ini. Pemberangkatan Calon Jamaah Haji dari Indonesia kini sudah normal lagi sebab saat ini kondisinya sudah normal.

“Calon Jamaah Haji di wilayah Jakarta Barat begitu antusias menyambut Layanan Paspor Simpatik,” ucap Wahyu.

Pada pelayanan kali ini setidaknya akan melayani sebanyak 279 permohonan terdaftar. Kantor imigrasi Jakarta Barat juga membuka layanan percepatan paspor pada hari weekend sabtu dan minggu. Layanan ini diselenggarakan di Unit Layanan Paspor Lippo Mall Puri Jakarta Barat pada pukul 09.00-11.00 WIB.

“Antusiasme masyarakat dalam pembuatan paspor akhir-akhir ini kami coba akomodir dengan membuka pelayanan paspor dihari weekend sesuai arahan Dirjen Imigrasi Bapak Silmy Karim,” ujar Wahyu.

Baca Juga  Semua Jemaah Kembali ke Hotel di Makkah Usai Puncak Haji Selesai

Harapannya ini bisa menjadi langkah yang efektif untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion