Connect with us

Info Regional

Terpilih Mengikuti Olimpiade Sains dan Matematika Asia, Nono Bertemu Dengan Gubernur NTT

Published

on

Nono bertemu dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat [victorynews]
Sumber gambar : Nono bertemu dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat [victorynews]

Kupang, Bindo.id – Caesar Hendrik Meo Tnunay atau sapaan akrabnya Nono (7), berhasil menjuarai sempoa dunia di ajang International Abacus World Competition 2022.

Dirinya terpilih untuk mengikuti Asia Science and Math for Primary and Secondary School (ASMOPSS) yang rencananya akan digelar di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, pada November 2023. ASMOPSS adalah ajang Olimpiade Sains dan Matematika Asia yang diikuti oleh siswa di tingkat SD sampai SMP.

Nono berkesempatan untuk menemui Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di ruang kerja gubernur sebab dirinya mengikuti ajang kelas dunia tersebut, Selasa (7/2/2023)

Saat bertemu dengan Gubernur NTT, Nono didampingi oleh ibundanya yang bernama Nuryati Ussanak Seran, Perwakilan Yayasan Astra bernama Lilik Harjanto, dan Camat Amarasi Selatan bernama Tonce Teuf. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT Linus Lusi dan Staf Khusus Gubernur NTT Bidang Kerja Sama dan Hubungan antar Lembaga Anwar Pua Geno turut menghadiri pertemuan tersebut.

Nono dan tujuh siswa lain yang berasal dari berbagai provinsi terpilih untuk persiapan program pelatihan selama 10 bulan yang diselenggarakan oleh Tim Profesor Yohanes Surya dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ). Apresiasi dan dukungan kepada Nono diberikan oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat untuk ikut dalam program pelatihan tersebut.

“Ini merupakan kesempatan yang luar biasa, dengan kali ini Nono mendapatkan pengalaman yang baru lagi pada ajang Olimpiade Sains dan Matematika se-Asia,” kata Viktor.

Harapan Viktor, Nono dapat ikut pelatihan khusus tersebut dengan baik. Sehingga, Nono dan teman-temannya dapat mengukir prestasi di ajang olimpiade tersebut.

“Apalagi dalam olimpiade ini kita bertindak sebagai tuan rumah. Ini tentunya memberikan semangat tersendiri bagi Nono dan teman-teman,” tutur Viktor.

Baca Juga  Latih Kedisiplinan, SMA dan SMK di Kupang Masuk Jam 5 Pagi

Viktor berpendapat pelatihan ini bisa meningkatkan semangat belajar, sebab Nono dan teman-temannya belajar bersama. Harapannya, mereka dapat saling berinteraksi untuk bertukar pikiran dan saling memberikan semangat satu sama lain.

“Kita berikan apresiasi juga kepada Tim Profesor Yohanes Surya dari Yayasan Teknologi Indonesia Jaya yang menyelenggarakan pelatihan ini bagi mereka untuk mempersiapkan diri menjelang olimpiade nanti,” tuturnya.

“Kita tentu mengetahui Nono ini sudah pernah meraih prestasi tingkat dunia, namun saya minta agar tetap giat belajar, tetap rendah hati jangan menjadi sombong. Saya minta kepada semua lapisan masyarakat untuk mendukung anak kita Nono,” imbuh Viktor.

Viktor berpesan kepada orangtua Nono, agar tetap memberikan semangat kepada Nono untuk tetap giat belajar dan mendidiknya dengan disiplin. Viktor berpendapat disiplin belajar, mengatur waktu, menjaga pola makan, berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

“Ini harus diperhatikan mengingat Nono ini masih anak-anak dan perjalanan hidupnya masih panjang jadi butuh bimbingan dengan baik,” kata Viktor.

Ibunda Nono, Nuryati Ussanak Seran mengatakan program pelatihan tersebut rencananya akan dilakukan di Kabupaten Toba, Sumatera Utara, dengan jangka waktu selama 10 bulan.

“Nono akan berangkat ke Toba minggu depan dan akan mulai mengikuti pelatihan dan program persiapan selama 10 bulan hingga pelaksanaan olimpiade pada bulan November mendatang,” ucap Nuryati.

Nuryanti menuturkan Nono dan 7 peserta yang berasal dari provinsi lain akan mengikuti olimpiade matematika dan sains pada kategori sekolah dasar.

“Total mereka semua berjumlah delapan orang dan sebetulnya olimpiade ini standarnya diperuntukan untuk siswa SD kelas IV, namun Nono yang baru kelas II berhasil terpilih tanpa melalui seleksi dan itu atas pertimbangan dari Tim Profesor Yohanes Surya dan ini sangat membanggakan bagi kita semua,” ucapnya dengan bangga.

Baca Juga  Kemendagri Berencana Temui Pemda NTT Bahas Aturan Masuk Sekolah Pukul 5.30 WITA

Harapan Nuryati, Nono dan teman-temannya bisa mengikuti pelatihan dan bimbingan tersebut dengan baik dan lancar sehingga dapat memperoleh hasil yang membanggakan di ajang olimpiade yang akan diadakan nantinya.

Sumber : Dipilih Ikut Olimpiade Sains dan Matematika Asia, Nono Bertemu Gubernur NTT

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *