Connect with us

Info Regional

Hujan Yang Disertai Angin di Magelang Sebabkan Pendopo Balkondes di Borobudur dan Rumah Lainnya Roboh

Published

on

Ilustrasi dampak hujan deras yang disertai angin kencang [tribunnews]
Sumber gambar : Ilustrasi dampak hujan deras yang disertai angin kencang [tribunnews]

Magelang, Bindo.id – Hujan deras yang disertai dengan angin kencang melanda sebagian wilayah Kecamatan Borobudur, Ngluwar dan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (7/2/2023) sore.

Puluhan pohon tumbang bahkan ada yang mengenai rumah warga yang berada di wilayah tersebut. Salah satu pendopo Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo, Kecamatan Borobudur juga roboh rata dengan tanah akibat peristiwa tersebut.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono mengatakan sekitar pukul 14.30 WIB, hujan disertai dengan angin kencang melanda daerah tersebut.

“Dampak (hujan deras disertai angin kencang) sejumlah pohon tumbah mengenai rumah. Jumlahnya sementara ada 17 kejadian, dengan kategori rusak sedang ada 2, rusak berat ada 2,” tutur Edi, saat dihubungi Selasa, (7/2/2023) malam.

“Terberat ada di wilayah Kecamatan Borobudur, tepatnya Balkondes Wanurejo, Kecamatan Borobudur, itu roboh,” ucap Edi.

Pihaknya sudah melakukan asesmen di sejumlah titik lokasi bencana. Asesmen tersebut selesai sekitar 50 persen. Sisanya akan dilanjutkan pada hari Rabu (8/2/2023) yaitu dengan cara kerja bakti pembersihan lokasi dan membagikan bantuan logistik.

Sesuai data yang diambil dari situs Pusdalops BPBD Kabupaten Magelang, wilayah yang terkena dampak hujan deras dan angin kencang berada di beberapa wilayah.

Berikut ini datanya :

  • Kecamatan Borobudur daerah yang terdampak yaitu Dusun Gombong, Kujon, Ngaran I, Tingal Wetan, Senderan, Tingal Kulon, Wagean, Sabrangrowo, Bumi Segoro, Tuksongo II, Maitan dan Brongkol.
  • Kecamatan Ngluwar daerahbyang terdampak yaitu Dusun Gondangan dan Curah Lor.
  • Kecamatan Salam daerah yang terdampak yaitu Dusun Glagah Desa Sirahan.

Sumber : Pendopo Balkondes di Borobudur dan Belasan Rumah Roboh Akibat Hujan Disertai Angin di Magelang

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Momentum Waisak di Borobudur, Lion Air Sediakan 139.320 Kursi Penerbangan Melalui Jogja dan Solo