Connect with us

Info Regional

4 Orang Termasuk Kapolda Jambi Diprioritaskan Untuk Segera Dievakuasi

Published

on

Ilustrasi Tim SAR akan melakukan evakuasi korban Helikopter rombongan Kapolda Jambi di Kerinci [headtopics]
Sumber gambar : Ilustrasi Tim SAR akan melakukan evakuasi korban Helikopter rombongan Kapolda Jambi di Kerinci [headtopics]

Jakarta, Bindo.id – Polri terus melakukan upaya evakuasi kepada Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongannya dari Hutan Kerinci, Jambi. Kadiv Humas Polri Dedi Prasetyo menuturkan 4 orang diprioritaskan untuk segera dievakuasi termasuk Irjen Rusdi.

Dedi mengatakan bahwa proses evakuasi dilakukan pada dua tahap mulai pagi tadi. Dedi menuturkan proses evakuasi tersebut menggunakan 4 helikopter.

“Tahap pertama tadi 4 heli tersebut juga terbang jam 7 tadi,” ungkap Dedi di gedung Humas Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/2/2023) dilansir dari detikcom.

Proses evakuasi terkendala kabut yang cukup pekat. Dia menyebutkan beberapa helikopter tersebut kembali untuk melakukan pengisian avtur usai berputar di udara sekitar 2 jam.

“Vegetasi di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) juga rapat, ini juga merupakan salah satu kendala,” ucapnya.

“Karena situasi tidak memungkinkan heli tersebut kembali mendarat untuk mengisi avtur,” tuturnya.

Dedi mengungkapkan 4 orang akan diprioritaskan untuk dievakuasi. Keempat orang tersebut yaitu Irjen Rusdi, Kapten Pilot, Kopilot, dan satu korban lain.

“Kalau mengisi avtur berarti jam 9 tadi kurang lebih dikit, tadi 4 heli tersebut kembali terbang lagi,” ungkapnya.

Helikopter tersebut terbang lagi untuk mencoba agar proses evakuasi maksimal yaitu dengan prioritas evakuasi empat korban.

“Kapolda, kemudian kapten pilot, kemudian kopilot, dan satu korban lainnya. Satu korban lainnya nanti tim medis yang ada di darat yang akan menentukan asesmennya,” lanjutnya.

Hal ini dilakukan supaya keempat korban dapat dievakuasi menggunakan skala prioritas tersebut. Kapolda Jambi melakukan pendaratan darurat pada helikopter yang ditumpanginya. Pendaratan tersebut berada di perbukitan Tamiai, Muara Empat, Kabupaten Kerinci, Jambi Minggu (19/2/2023). Pilot beserta penumpang mendapat luka-luka sebab peristiwa tersebut.

Di bawah ini adalah daftar lengkap pilot beserta penumpang yang ikut dalam helikopter yang ditumpangi oleh rombongan Kapolda Jambi:

  • Kapolda Jambi yaitu Irjen Rusdi Hartono
  • Dir Reskrimum Polda Jambi yaitu Kombes Andri Ananta Yusdhistira
  • Dir Polair Polda Jambi yaitu Kombes Michael Mumbunan
  • Koorspripim yaitu Kompol Ayani
  • ADC Kapolda Jambi yaitu Briptu Muhardi Aditya
  • Pilot yaitu AKP Ali Nurdin S Harahap
  • Copilot yaitu AKP Amos Freddy P Sitompul
  • Mekanik yaitu Aipda Susilo

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  33 Penumpang Selamat Pada Peristiwa Kapal Penyebrangan Tenggelam Di Buton Tengah