Connect with us

Transportasi

SPKLU Dan Layanan Home Charging Akan Ditambah PLN Di Tahun 2024 Ini

Published

on

SPKLU PLN [antara]
SPKLU PLN [antara]

Jakarta, Bindo.id – Perusahaan Listrik Negara (PLN) memiliki rencana untuk menambah jumlah serta lokasi persebaran stasiun kendaraan listrik umum (SPKLU) di sepanjang 2024.

Penambahan ini bertujuan untuk memudahkan konsumen pengguna kendaraan listrik, sekaligus juga menyiapkan ekosistem lebih lanjut untuk program elektrifikasi nasional.

Daniel Lestanto, Vice President Pengelolaan pemasaran PT PLN (Persero) menerangkan pihaknya menetapkan target pembangunan ratusan unit SPKLU baru pada tahun 2024.

Srlaim itu, persebarannya juga akan diperluas, terutama di wilayah yang padat penduduk.

“Tahun ini kami punya program membangun ratusan unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum di lebih banyak lokasi. Nanti akan kami buatkan juga peta persebarannya,” ujarnya saat berada di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Dirinya menyebutkan kesulitan pengguna kendaraan listrik saat melakukan isi daya menjadi salah satu kendala utama yang akan diselesaikan PLN secepat mungkin.

“Sejauh ini kekhawatiran orang-orang (konsumen) itu masih banyak bingung soal pengisian daya. Jadi nanti (SPKLU) akan kami tambah, supaya lebih mudah,” ujarnya.

Pihak PLN juga akan gencar melakukan program kemitraan yang terbuka kepada seluruh pihak untuk pembangunan SPKLU baru serta penyediaan fasilitas home charging.

Dari data terbaru, PLN telah mempunyai sebanyak 1.117 SPKLU yang tersebar di 427 lokasi.

Angka tersebut diharapkan dalam waktu dekat di 2024 dapat bertambah.

“Sejauh ini kami sudah ada 1.117 SPKLU, 624 itu milik PLN sedangkan sisanya dibangun oleh jaringan kemitraan. Kami targetkan jumlahnya bertambah tahun ini,” ungkap Daniel.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  AC Ventures dan AEML Rilis Laporan Komprehensif, Ungkap Outlook Positif dan Tren Kendaraan Listrik di Indonesia