Connect with us

Transportasi

Tol Indrapura Akan Percepat Waktu Tempuh Medan-Kisaran Hari Ini Diresmikan Jokowi

Published

on

Tol Indrapura-Kisaran diresmikan Jokowi, Rabu (7/2/2024)
Tol Indrapura-Kisaran diresmikan Jokowi, Rabu (7/2/2024)

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmikan 2 ruas jalan tol di Trans Sumatera.

Kedua jalan tol tersebut yaitu Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh.

Total biaya dalam pembangunan jalan tol ini sebesar Rp 4,7 triliun.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini segera akan kita resmikan jalan tol seksi Tebing Tinggi-Indrapura dan seksi Indrapura-Lima Puluh. Kedua tol ini merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera,” ujar Jokowi saat peresmian, Rabu (7/2/2024).

“Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dengan panjang ruas 20,4 kilometer dengan biaya Rp 3,06 triliun dan jalan tol seksi Indrapura-Lima Puluh dengan panjang 15,6 kilometer dengan biaya Rp 1,67 triliun rupiah,” ungkap Jokowi.

Jokowi menuturkan kedua ruas jalan tol ini memberikan akses ke kawasan pariwisata Danau Toba. Dirinya memiliki harapan ruas jalan tol ini bisa meningkatkan mobilitas logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung bahkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mengkei.

“Kedua ruas jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas kawasan ke kawasan pariwisata di Danau Toba, kemudian juga meningkatkan kecepatan logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung dan juga yang berkaitan dengan KEK Sei Mangkei,” tuturnya.

Pihaknya mengharapkan juga agar dapat cepat berkembang serta mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju ke Kisaran dan Provinsi Riau.

Sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang ada di kawasan maupun sekitarnya.

Jokowi meyakini pembangunan jalan tol ini juga bisa membuat investasi semakin meningkat. Dirinya juga memiliki harapan kunjungan wisata ke destinasi super prioritas juga bisa meningkat.

“Saya yakin dengan pembangunan jalan tol ini akan semakin banyak investasi, akan semakin banyak investor yang datang untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di provinsi Sumatera Utara dan juga meningkatkan kunjungan wisata ke destinasi super prioritas di Danau Toba dan sekitarnya serta mengefisienkan biaya logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung dan KEK Sei Mangkei,” ujarnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  10 Proyek Yang Akan Digroundbreaking Presiden Jokowi Hari Ini