Connect with us

Transportasi

KAI Commuter Retrofit Rangkaian, KRL Bisa Dipacu hingga Kecepatan 90 Km Perjam

Published

on

Konferensi pers KAI Commuter

Jakarta, Bindo.id – PT KAI Commuter (KCI) segera melakukan retrofit rangkaian KRL untuk menambah spesifikasi teknologi baru dengan efesiensi tenaga listrik dan mengimpor rangkaian KRL baru nanti.

Hal ini diungkapkan Corsec KAI Commuter atau PT KCI, Anne Purba saat konferensi pers di Kantor Pusat, Jakarta, Senin (6/11/2023).

“Dengan peremajaan atau retrofit rangkaian layanan angkutan kepada penumpang akan bisa lebih banyak dan cepat ketika ditambah dengan rangkaian KRL yang baru nanti,” ucap Anne Purba.

“Kecepatan KRL sekarang di line Bekasi dan Bogor bisa mencapai 80 Km/jam, kemungkinan kecepatan bisa ditambah hingga 90 Km/jam bila situasi dan kondisi sudah memungkinkan, artinya rangkaian baru dan rangkaian KRL retrofit, dan pelanggan KRL akan cepat sampai serta selamat sampai stasiun tujuan” tambahnya.

Kontrak Kerja Sama

Sebelumnya PT KCI atau KAI Commuter dan PT INKA (Persero) menandatangani Kontrak Kerjasama Pekerjaan Retrofit Sarana Kereta Rel Listrik (KRL) sebanyak 19 Trainset (rangkaian) di Madiun pada Jumat (3/11/2023).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama KAI Commuter dan Direktur Utama PT INKA (Persero) yang diwakilkan oleh Direktur Operasi PT INKA (Persero) I Gede Agus Prayatna.

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto, menyampaikan penandatanganan kontrak pekerjaan retrofit Sarana KRL ini merupakan upaya lanjutan dalam _replacement_ 19 rangkaian sarana KRL yang dimiliki KAI Commuter secara bertahap mulai tahun 2023 – 2026.

“Dalam peremajaan sarana KRL, KAI Commuter akan melakukan proses retrofit sebanyak 19 rangkaian secara bertahap selama lima tahun kedepan,” kata Asdo.

Sebelumnya, KAI Commuter dan PT INKA (Persero) juga telah melakukan penandatanganan Kontrak Pengadaan 16 trainset KRL Baru pada Maret 2023 lalu.

Pada proses retrofit sarana KRL ini pun KAI Commuter telah mengantongi perizinannya dari pihak regulator. Assesment terkait spesifikasi teknologi retrofit juga sudah ditetapkan melalui kegiatan-kegiatan FGD bersama pihak-pihak terkait.

Baca Juga  Jalur Rel di Stasiun Tanggulangin Sudah Bisa Dilewati Kereta Api

KAI Commuter juga akan siap mengirimkan rangkaian kereta yang akan dilakukan proses retrofit di PT INKA (Persero).

Tahun 2023 ini, KAI Commuter akan melakukan proses retrofit sebanyak empat rangkaian yang terdiri dari tiga rangkaian seri Metro 05 dan satu rangkaian seri Metro 6000.

Sementara itu, waktu proses retrofit akan membutuhkan waktu selama 13-15 bulan.

Percepatan dalam proses retrofit antara KAI Commuter dengan PT INKA (Persero) juga terus dilakukan.

“KAI Commuter akan terus berkoordinasi dengan PT INKA untuk waktu penyelesaian pekerjaan dan pengiriman rangkaian KRL serta secara rutin juga akan terus berkoordinasi terkait kualitas hasil proses retrofit tersebut, mengingat saat ini total pengguna Commuter Line Jabodetabek hampir 950 ribu orang per hari,” tambah Asdo.

Diharapkan dengan usaha-usaha percepatan ini dapat memenuhi kebutuhan jumlah sarana dalam pelayanan kepada penggunanya yang diprediksi akan terus meningkat seiring dengan integrasi antar moda saat ini.

“Program retrofit sarana KRL ini juga merupakan komitmen kami dalam mendukung program Pemerintah untuk meningkatkan produksi dalam negeri serta substitusi impor melalui Program Peningkatan Pengguna Produk Dalam Negeri (P3DN),” tutup Asdo.

Direktur Operasi PT INKA (Persero) I Gede Agus Prayatna menyampaikan, kontrak ini merupakan sinergi dari kelanjutan kontrak dimana sebelumnya PT KCI dan PT INKA (Persero) juga telah menandatangani kontrak untuk pengadaan 16 trainset KRL baru.

“Pada hari ini kita menandatangani perjanjian 19 trainset KRL KCI. Ini merupakan bentuk sinergi kerja sama yang sebelumnya juga sudah INKA sudah ditugasi pekerjaan 16 trainset KRL baru,” ungkap Gede.

Menurutnya, pengerjaan retrofit 19 KRL trainset ini akan diserahkan secara bertahap. Kontrak ini diharapkan ini dapat diselesaikan sesuai dengan perjanjian yang disepakati.

Baca Juga  KAI Kerja Sama dengan Perusahaan Manufaktur AS untuk Pastikan Keandalan Lokomotif

“Mudah-mudahan, kita bisa menyelesaikan seluruh trainset ini sesuai yang telah diharapkan oleh PT KCI, baik dari sisi waktu, maupun yang terpenting dari sisi kualitas. Mohon doanya untuk kelancaran pekerjaan ini sehingga INKA bisa men-support PT KCI, demi keberlangsungan transportasi kereta api khususnya KRL yang ada di Jabodetabek,” pungkasnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion