Connect with us

Transportasi

Arus Balik Meningkat, 44 Ribu Pemudik Kereta Api Tiba di Daop 1 Jakarta pada Senin 1 Mei 2023

Published

on

Arus Balik di Stasiun Pasar Senen

Jakarta, Bindo.id – Jumlah penumpang Kereta Api, yang turun di area KAI Daop 1 Jakarta mengalami peningkatan hingga 44.000, pada Senin (1/5/2023).

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan peningkatan volume penumpang yang turun di area Daop 1 Jakarta sudah terjadi sejak tanggal 24 April 2023. Jumlah rata-rata volume sekitar 40 ribu sampai dengan 43 ribu. Namun, pada hari ini jumlah tersebut melebihi hari-hari sebelumnya.

“Jumlah tersebut paling tinggi jika dibandingkan hari lainnya sejak tanggal 24 April lalu,” ungkap Eva, Senin (1/5/2023).

Dari jumlah penumpang turun tersebut, 17.000 merupakan penumpang turun di Stasiun Pasar Senen, 15.500 di Stasiun Gambir, 4400 di Bekasi, 4.300 di Stasiun Jatinegara dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Menurut Eva, peningkatan volume penumpang KA yang tiba di area Daop 1 Jakarta akan terjadi hingga tanggal 2 Mei 2023 dengan rata-rata penumpang mencapai angka sekitar 43 ribu per hari.

Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta juga dihimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya termasuk pada area kursi penumpang karena biasanya cukup banyak barang berharga tertinggal seperti dompet, telepon selular, laptop dan lainnya.

Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang.

KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik di antaranya menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri juga tidak meletakan barangnya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

“Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun,” kata Eva.

Baca Juga  Hujan saat Bertransportasi, Ini yang Harus Disiapkan Penumpang KRL

Penumpang Berangkat

Sedangkan, volume penumpang kereta api yang berangkat di area Daop 1 pada Senin 1 Mei 2023 juga masih cukup tinggi.

Eva mengatakan, secara total terdapat sekitar 30.000 penumpang berangkat dengan jumlah sekitar 19.000 untuk keberangkatan awal KA dari Stasiun Pasar Senen dan 11.000 penumpang dari Stasiun Gambir.

“Okupansi penumpang keseluruhan mencapai 73 persen dari total ketersediaan tempat duduk,” ujar Eva.

Untuk hari Senin ini, KA tambahan masih dijalankan  sebanyak 71 KA. Dari Stasiun Pasar Senen sebanyak 32 KA dan dari Stasiun Gambir sebanyak 39 KA.

Jumlah Tiket KA Angkutan Lebaran

Sementara berdasarkan data Senin 1 Mei 2023 sekitar 721 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.

Dari jumlah tersebut mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai dengan 24 April 2023.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 18 sampai dengan 23 April, di mana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 100 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion