Connect with us

Transportasi

Pemudik dari Bandung Menuju Cipali Bisa Lewat Tol Cisumdawu

Published

on

Tol Cisumdawu

Sumedang, Bindo.id – Enam hari menjelang Lebaran 2023, jalur fungsional di Ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Cisumdawu (Cisumdawu), Jawa Barat, mulai dibuka dan bisa dilalui kendaraan.

Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan ruas mengatakan jalur fungsional yang bisa digunakan itu mulai dari Gerbang Tol (GT) Cimalaka hingga GT Ujung Jaya mulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB. Dengan begitu, jalur tol dari Bandung hingga Tol Cipali telah terkoneksi penuh melalui Tol Cisumdawu.

“Pada saat arus mudik berlaku satu arah dari Bandung menuju Dawuan Cipali, sedangkan saat arus balik berlaku satu arah dari arah Dawuan Cipali menuju Bandung,” kata Indra di Sumedang, Minggu (16/4/2023).

Adapun jalur fungsional Tol Cisumdawu yang bisa digunakan hanya Jalur A atau jalur dari Bandung yang mengarah ke Tol Cipali. Sedangkan Jalur B pengerjaannya belum sepenuhnya rampung.

Indra mengingatkan pengguna Tol Cisumdawu apabila merasa lelah dalam perjalanan maka disarankan untuk beristirahat di ‘rest area’ yang telah disediakan.

Dia menjelaskan di jalur fungsional Tol Cisumdawu telah disediakan “rest area” darurat yang berlokasi di Jalur B tepatnya di Kilometer 194. Di “rest area” itu sudah tersedia SPBU Modilar, toilet sementara, hingga minimarket.

“Masyarakat pengguna jalan diimbau untuk tidak berlama-lama istirahat di ‘rest area’,” katanya.

Meski sudah dibuka, dia mengingatkan masyarakat bahwa jalur fungsional di ruas Cimalaka-Dawuan itu belum 100 persen selesai sempurna.

“Dengan demikian, masyarakat pengguna jalan yang melewati jalur itu harus berhati-hati, menjaga kecepatan, tidak mengebut, fokus mengemudi, dan mengendalikan kendaraan,” ujarnya.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Mudik Gratis Pemprov Jawa Barat Buka Di Bulan April, Cek jadwal dan Cara Daftarnya