Connect with us

HANKAM

Korlantas Polri Bersama Google Siapkan Layanan Informasi Mudik Lebaran 2023

Published

on

Mudik Lebaran
Foto:istimewa/polri

Jakarta, Bindo.id — Persiapan menghadapi musim libur arus mudik lebaran tahun 2023, Korlantas Polri bersama Google menggelar rapat koordinasi dan kerja sama pelayanan informasi. Sejumlah data layanan informasi yang dimiliki oleh Korlantas Polri bakal tersambungkan ke Google Maps.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan kerjasama pelayanan informasi ini yang kedua setelah sukses pada kerjasama yang pertama pada libur mudik lebaran tahun lalu.

“Terima kasih kepada Google Maps pada kerjasama tahun ini, nanti ada penambahan pada fitur seperti pos pengamanan, pos pelayanan, rest area mudah-mudahan masyarakat bisa menggunakan dengan baik. Ini memudahkan juga bagi kami stakeholder terkait,” kata Kombes Pol Eddy Djunaedi dalam keterangan tertulis, Selasa (7/3/2023).

Kabagops berharap dari kerjasama dan aplikasi Google Maps ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk menentukan perjalanan saat mudik di jalur tol maupun non tol.

“Nanti dalam Surat Keputusan Bersama bisa kita masukkan dalam fitur Google Maps. Jadi cara bertindak kita seperti pengalihan arus, buka tutup, Contraflow atau Oneway memudahkan masyarakat dan aman nyaman melalui ruas jalan tersebut,” tambahnya.

Korlantas Polri juga akan memberikan informasi kondisi lalulintas terkini kepada Google Maps agar masyarakat dapat mengakses langsung informasi. Diprediksi mudik tahun ini 123 juta masyarakat akan melakukan perjalanan meningkat dari tahun lalu yaitu 85 juta.

Sementara itu Strategic Partnerships Manager Geo, Google Maps Indonesia Galuh Rohmah mengatakan prediksi mudik tahun ini yang meningkat dibanding tahun lalu menjadikan user Google Maps sebagai prioritas.

“Kolaborasi yang kami harapkan dari Korlantas Polri adalah data-data apa saja yang akan kami share agar membantu masyarakat lewat Google Maps. Harapannya, user dapat bersabar untuk memastikan data yang update agar mendapatkan data untuk mudik aman dan nyaman,” kata Galuh Rohmah.

Baca Juga  Rekrutmen Akpol Kini Gunakan Alat Densus 88 Untuk Mendeteksi Catar Radikal

Turut hadir dalam diskusi Karodalops Sops Polri Brigjen Pol Endi Sutendi, Director of Product partnership Google Asia Pasific Kirk Mitchell, Head Google of Asia Tenggara Cordula Oertel, perwakilan Kemenhub, Jasa Marga dan BPJT. (bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion