Connect with us

Info Nasional

KTT ASEAN-Australia, Presiden Jokowi Dorong Penguatan Kerjasama Ekonomi, Transisi Energi Dan Isu Palestina

Published

on

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers menjelang keberangkatannya ke Australia dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-Australia, di Melbourne [rri]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Australia.

Jokowi menuturkan dalam KTT tersebut juga akan memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dengan Australia.

“Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan berangkat ke Melbourne, Australia, untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-Australia. KTT ini diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia,” ujar Jokowi saat berada di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Jokowi menerangkan tema yang diangkat di KTT ini yaitu partnership for the future. Dalam KTT ini akan dilakukan pembahasan tentang program kemitraan strategis ASEAN dengan Australia.

“Tema yang diangkat adalah partnership for the future. Membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN dan Australia, dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai stabil dan makmur,” tuturnya.

Jokowi juga akan mendorong penguatan kerja sama ekonomi maupun transisi energi. Selain itu, Jokowi juga mendorong tentang konsistensi isu Palestina.

“Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mendorong kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital,” tuturnya.

“Serta kemajuan kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten termasuk dalam isu Palestina,” imbuhnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Jokowi Akan Melantik KSAD Baru Siang Ini