Connect with us

Info Nasional

Prabowo Dapat Pangkat Jenderal Kehormatan Bintang 4, Ini Alasan Jokowi

Published

on

Presiden Jokowi menyematkan tanda pangkat jenderal bintang 4 di pundak Prabowo [nusantaratv]
Presiden Jokowi menyematkan tanda pangkat jenderal bintang 4 di pundak Prabowo [nusantaratv]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo menyebutkan alasan memberi pangkat jenderal kehormatan bintang empat kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Jokowi menuturkan pangkat tersebut merupakan bentuk penghargaan. Dirinya berpendapat Prabowo sudah mengabdi untuk masyarakat selama berkarier di militer.

“Penganugerahan ini adalah bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara,” ujar Jokowi di Rapat Pimpinan TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2).

Jokowi kemudian memimpin proses penyematan pangkat militer kehormatan. Dirinya mencopot tanda pangkat letnan jenderal yang ada di pundak Prabowo.

Selanjutnya Jokowi menyematkan tanda pangkat jenderal bintang 4 di pundak Prabowo. Prosesi ini ditutup dengan hormat Prabowo kepada Jokowi.

“Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto,” tutur Jokowi saat menutup pidatonya.

TNI sebelumnya telah menyampaikan usulan pemberian pangkat militer kehormatan kepada Prabowo Subianto. Usul tersebut telah mendapat persetujuan dari Presiden Jokowi. Hal ini tertuang dalam keputusan presiden.

Prabowo merupakan mantan prajurit TNI. Dirinya pernah menempati beberapa jabatan tinggi, termasuk juga komandan jenderal Kopassus maupun Pangkostrad. 

Karier militer Prabowo berakhir dengan pangkat letnan jenderal.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Poin-Poin Pidato Ketiga Bakal Calon Capres 2024 di Rakernas Apeksi