Connect with us

Info Nasional

Penerima Beasiswa LPDP Diharapkan Jokowi Naik 5 Kali Lipat

Published

on

Presiden Jokowi saat membuka Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Surabaya, Senin (15/1/2024) [idntimes]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo menuturkan dana abadi LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) saat ini telah mencapai Rp 139 triliun.

Jokowi memiliki harapan penerima beasiswa LPDP ditingkatkan hingga 5 kali lipat.

“Kalau kita lihat APBN untuk pendidikan dari 2009-2024, berarti 15 tahun, mencapai Rp 6.400 triliun. Dana abadi LPDP pada saat dibuka Rp 1 triliun. Sekarang sudah mencapai, di 2023 kemarin, sudah mencapai Rp 139 triliun,” ujar Presiden Jokowi ketika membuka Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Surabaya, Senin (15/1/2024).

Jokowi menerangkan bahwa jumlah penerima beasiswa LPDP telah meningkat 7 kali lipat sejak mulai dibuka. Jokowi menginginkan jumlah penerima tersebut ditingkatkan.

“Jumlah penerima beasiswa juga sudah meningkat tujuh kali lipat dari awal LPDP dibuka, tapi ini masih jauh, masih sangat kurang. Saya kira perlu ditingkatkan paling tidak lima kali lipat dari yang sudah ada sekarang,” ujar Jokowi.

Jokowi memahami bahwa langkah peningkatan penerima LPDP tersebut memerlukan anggaran yang besar.

Akan tetapi, anggaran tersebut harus dikejar untuk solusi masih rendahnya rasio penduduk berpendidikan tinggi pada populasi produktif.

“Memang butuh, sekali lagi, butuh anggaran besar dan pembiayaan yang besar tetapi tetap ini menjadi kewajiban kita untuk mencarikan jalan agar rasio kita tadi bisa terangkat naik,” ujarnya.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Kesetpres Beberkan Bansos Yang Dibagikan Jokowi Gunakan Dana Operasional Presiden