Connect with us

Info Nasional

Penerbangan Umrah Dari Bandara Banyuwangi Akan Segera Direalisasikan Untuk Tingkatkan Pelayanan

Published

on

Bandara Banyuwangi [bisnis]

Banyuwangi, Bindo.id – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II sedang berupaya untuk meningkatkan penerbangan umrah di Bandara Banyuwangi. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang ada di wilayah timur Pulau Jawa ini.

Pemkab Banyuwangi bersama dengan AP II mengadakan pertemuan untuk mematangkan skema pemberangkatan jamaah umrah dari Bandara Internasional Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani optimistis tentang penerbangan umrah dari Bandara Banyuwangi dapat direalisasikan di tahun 2024 ini.

“Semoga semuanya lancar sesuai harapan, agar masyarakat Banyuwangi dan wilayah sekitar Banyuwangi bisa semakin mudah melaksanakan ibadah umrah,” ujar Bupati Ipuk, Senin (15/1/2024).

Upaya mematangkan skema ini, Pemkab telah mengadakan rapat bersama PT Angkasa Pura II, Kantor Kementerian Agama Banyuwangi, beserta perwakilan Kantor Kemenag Jember dan Situbondo. Rapat tersebut digelar di Kantor Pemkab Banyuwangi.

Turut menghadiri di rapat ini sejumlah penyelenggara perjalanan ibadah umrah maupun stake holder lainnya.

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Banyuwangi, Johan Seno Acton menerangkan rapat ini membahas tentang teknis skema penerbangan jamaah.

Dia menyebutkan saat ini skema pemberangkatan jamaah umrah belum dapat dilaksanakan direct dari Bandara Banyuwangi, akan tetapi harus transit terlebih dahulu.

Terdapat 3 opsi, dari Banyuwangi transit dulu yakni di Malaysia, Singapura, atau Thailand. Hal ini sangat memungkinkan sebab Bandara Banyuwangi telah memiliki status internasional.

“Tinggal kesepakatan nanti semoga ini segera terealisasi sehingga dalam waktu dekat ini bisa terlaksana,” ujar Johan.

Jemaah Umrah Banyuwangi Mencapai 12 Ribu di Tahun 2023

Dirinya menuturkan perjalanan jamaah umrah yang berasal dari Bandara Banyuwangi rencananya akan dilayani memakai Boeing 737 atau Airbus A320. Nantinya para jemaah akan disambung menggunakan pesawat Saudi Airlines menuju ke Jeddah.

Baca Juga  Kemenag Imbau Pemerintah Agar Tak Lakukan Umrah Backpacker Sebab Ada Resikonya

“Semoga semuanya lancar dan segera bisa terealisasi tahun ini,” harap Johan.

Jumlah jamaah umrah Banyuwangi di tahun 2023 mencapai lebih dari 12 ribu jemaah.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion