Connect with us

Info Nasional

Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Korlantas Polri Lakukan Ini

Published

on

Ilustrasi kecelakaan lalu lintas [pontas]

Jakarta, Bindo.id – Di era perkembangan digital, pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memanfaatkan teknologi terbaru untuk memberikan dukungan keamanan, keselamatan, ketertiban, serta kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Korlantas Polri terus mengembangkan sebuah sistem software khusus yang diberi nama Integrated Road Safety Management System (IRSMS). Sistem ini berfungsi untuk melakukan pemantauan serta mengadakan pendataan secara detil tentang kecelakaan lalu lintas di seluruh Indonesia.

IRSMS dilakukan di bawah pengawasan Sub Direktorat Kecelakaan lalu Lintas (Subditlaka) Korlantas Polri, serta beroperasi selama 24 jam tanpa henti.

Kasubditlaka Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Hotman Sirait menerangkan IRSMS pertama kali diluncurkan mulai 2013 serta terus mengalami perkembangan.

“IRSMS adalah kumparan data laka seluruh indonesia, yang mana basic datanya diinput petugas lalu lintas tingkat Polres yang menangani laka. Jadi pada saat dia turun ke TKP, tidak lama kemudian, data itu masuk mke IRSMS,” tuturnya saat di markas Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Senin (15/1/2024).

Dirinya menerangkan data-data yang terkumpul itu akan diproses lebih lanjut, seperti poin evaluasi jangka panjang maupun penanganan cepat ketika kondisi darurat.

“Data ini akan kami gunakan sebagai perbaikan dan penindaklanjutan cepat. Dari data ini, ada anatomy of traffic accidents (anatomi kecelakaan lalu lintas), terkait faktor manusia, kendaraan, jalan dan cuaca,” tuturnya.

Lewat kumpulan data yang detail tersebut, pihak Korlantas dapat mengambil langkah preventif jangka panjang serta mengurangi terjadi kecelakaan di lokasi tertentu.

Sehingga kecelakaan tak akan terjadi lagi di sana. Pihak kepolisian mempelajari itu semua dari kejadian yang sudah ada serta akan mencoba untuk melakukan perbaikan.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Rakor Angkutan Lebaran 2023,Bahas Antisipasi Lonjakan Kendaraan di Tol Cikampek dan Cipali