Connect with us

Info Nasional

RI Siapkan Bantuan Tahap Kedua Untuk Palestina Berupa Obat-Obatan Dan Alat Kesehatan

Published

on

Bendera Palestina [okezone]
Bendera Palestina [okezone]

Jakarta, Bindo.id – Pemerintah Indonesia terus berikan dukungan serta bantuan bagi masyarakat Palestina yang terkena dampak konflik.

Saat ini pemerintah melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau yang dikenal juga dengan Indonesian AID tengah mempersiapkan bantuan kemanusiaan di tahap kedua.

Konflik Israel-Palestina saat ini makin memanas. Akibat peristiwa ini, banyak korban jiwa yabg berjatuhan.

Mengutip data yang dirilis oleh OCHA, selain lebih dari 9.000 korban tewas, terdata sebanyak 22.911 warga di Gaza dan 2.281 warga yang ada di Tepi Barat menderita luka-luka.

Sehingga mereka secepatnya memerlukan pertolongan medis.

Direktur Utama LDKPI Tormarbulang Lumbantobing menuturkan bantuan di tahap kedua ini berupa berbagai kebutuhan medis.

Bantuan ini diharapkan bisa dikirimkan pekan depan.

“Untuk bantuan kemanusiaan tahap kedua sudah kita alokasikan Rp 31,9 Miliar atau setara dengan US$ 2 juta,” tutur Tor Tobing, Minggu (5/11/2023).

Nantinya pihaknya akan mengirim kebutuhan medis yang terdiri dari obat-obatan serta alat-alat kesehatan yang saat ini sangat diperlukan oleh warga Palestina, terutama yang berada di Jalur Gaza.

Tor Tobing menuturkan bantuan kemanusiaan tahap kedua ini merupakan wujud komitmen Indonesia untuk memberikan bantuan kepada Palestina.

Hal ini selaras dengan yang diucapkan oleh Presiden Jokowi ketika melepas bantuan tahap pertama yakni di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Sebelumnya, Indonesia sudah mengirim sebanyak 51,5 ton bantuan tahap pertama yang bersumber dari pemerintah, pelaku dunia usaha, lembaga swadaya, serta berbagai elemen masyarakat lainnya.

Dukungan Indonesia ini sebagai representasi semua elemen bangsa.

Pemerintah lewat Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, TNI dan Polri, dan juga masyarakat melakukan kolaborasi apik untuk mengumpulkan berbagai jenis bahan bantuan, ditambah lagi bantuan di tahap selanjutnya yang sedang disiapkan oleh LDKPI.

Baca Juga  Pemerintah Pusat Ambil Alih Perbaikan Jalan Rusak Di Jambi

Pemerintah Indonesia sendiri banyak mengambil peran aktif untuk bekerja sama dalam pembangunan internasional, termasuk juga memberikan perhatian besar terhadap isu-isu kemanusiaan serta perdamaian.

Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN) sebagai salah satu instrumen penting untuk mewujudkan cita-cita nasional bangsa, yakni ikut melakukan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, serta keadilan sosial.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion