Connect with us

Info Nasional

Kualitas Udara Buruk Jabodetabek, Subholding Pelindo Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Pekerja untuk Jaga Produktivitas

Published

on

Foto istimewa/SPSL/Pelindo
Foto istimewa/SPSL/Pelindo

Jakarta, Bindo.id – PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL sebagai Subholding BUMN Kepelabuhanan Pelindo lakukan pemeriksaan Medical Check Up (MCU) pekerja dalam rangka menjaga produktivitas pekerja.

Pelaksanaan MCU SPSL yang diikuti 138 pekerja ini merupakan aksi cepat manajemen merespon kondisi polusi udara yang belakangan ini menyelimuti wilayah Jabodetabek.

Aksi ini juga merupakan salah satu komitmen Perusahaan untuk memperhatikan kesehatan pekerja dan sebagai implementasi dari pelaksanaan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. Per.02/MEN/1980 tentang Pemeriksaan Tenaga Kerja dalam Penyelenggaraan Keselamatan Kerja.

“MCU ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian Perseroan terhadap para pekerja sekaligus implementasi Peraturan Menteri Tenaga Kerja, sebagai dasar evaluasi kesehatan, serta sebagai langkah antisipasi dalam mendeteksi risiko perkembangan penyakit di dalam tubuh,” ujar SVP Sekretariat Perusahaan SPSL Kiki M. Hikmat.

Kiki menerangkan, sebagai salah satu upaya perusahaan dalam kepatuhan terhadap regulasi Pemerintah, pada MCU kali ini dilakukan identifikasi penyakit akibat kerja, perencanaan program untuk tindak lanjut dan pencegahan apabila ada temuan serta dilakukan juga identifikasi penyalahgunaan narkoba dan obat terlarang di lingkungan kerja.

“Kegiatan MCU ini merupakan hal positif yang diharapkan dapat lebih meningkatkan produktivitas karyawan secara maksimal dan memberi dampak positif bagi Perusahaan,” ujar Kiki.

Selain itu, Kiki juga menghimbau para pekerja untuk menjaga tetap menjaga kesehatan seperti menggunakan masker saat keluar rumah, menggunakan air purifier, mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, serta bersama-sama dberkontribusi dalam memulihkan kualitas udara dengan meningkatkan ruang hijau, selalu memelihara kendaraan bermotor, tidak membakar sampah rumah tangga di halaman rumah, dan mengurangi pemakaian listrik di rumah dan tempat kerja.

“Upaya penting lainnya yang dilakukan perusahaan adalah dengan menyediakan beberapa fasilitas atau perlengkapan olahraga, e-sport, menyediakan catering sehat untuk makan siang pekerja, dan kantin sehat untuk menunjang kesehatan dan kebugaran para pekerja,” tutup Kiki.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Pertama di Indonesia, JTCC Terapkan Sistem Refund di Gerbang Tol Semper