Connect with us

Info Nasional

Indonesia Datangkan 100 Ribu Ton Impor Daging Dari India Mulai Maret 2023

Published

on

Ilustrasi daging kerbau impor [infopublik]
Sumber gambar : Ilustrasi daging kerbau impor [infopublik]

Bindo.id, Jakarta – Perum Bulog memperoleh tugas untuk melakukan impor daging kerbau beku dengan total 100 ribu ton di tahun ini.

Daging kerbau yang diimpor berasal dari India dan rencananya akan mulai datang ke Indonesia pada Maret 2023.

“Sesuai rakortas kita dapat 100.000 ton lagi nanti kita akan datangkan lagi. Insyaallah bulan Maret itu sudah berdatangan,” kata Dirut Perum Bulog Budi Waseso saat konferensi pers yang diadakan di Kantor Perum Bulog, Jakarta Selatan, Kamis (2/2/2023).

Pasokan daging kerbau impor tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan selama puasa dan lebaran di tahun ini. Impor daging kerbau ini sebagai penyeimbang pasokan daging sapi yang akan dilakukan juga oleh BUMN pangan PT RNI.

“Sehingga ini untuk kebutuhan puasa dan lebaran ini. Karena ini kan hanya penyeimbang yang kebutuhan pokoknya dari sapi. Dan itu juga dari BUMN RNI juga mendapatkan tugas 100.000 ton untuk impor daging sapi yang dari Brazil, jadi Insyaallah untuk daging tidak ada permasalahan lagi,” tutur Budi.

Tahun 2022 Perum Bulog memberikan tugas kepada Bulog agar melakukan penyetokan daging kerbau beku sebanyak 100 ribu ton. Daging tersebut berasal dari India. Biasanya, daging kerbau beku tersebut dijual ke konsumen dengan harga Rp 80.000 per kilogram (Kg).

Masyarakat yang ingin melakukan pembelian dapat menemukannya di ritel modern. Bahkan daging impor kerbau beku ini sudah tersedia Indomaret dan Alfamart. Hal tersebut sempat diucapkan Budi saat bongkar muat daging kerbau di tahun 2022.

“Kalau daging kerbau (impor) ini ke konsumen Rp 80.000/Kg, dari Bulog dijual Rp 70.000/Kg jadi ada selisih Rp 10.000. Jadi ada di ritel-ritel di Indomaret, di Alfamart. Jadi tolong teman-teman kalau ikut ngecheck, jangan sampai menjual lebih dari itu. Kalau menjual lebih dari itu artinya ada penyimpangan. Kita berharap kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi. Karena daging sapi ini masih kurang,” ucap Budi, Jumat (15/4/2022).

Baca Juga  Tanggapan Kemenperin Saat Seruan Boikot Produk Israel Ramai

Sumber : 100 Ribu Ton Daging Kerbau India Masuk RI Mulai Maret

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion