Connect with us

Destinasi

5 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Sekitar Candi Borobudur yang Wajib untuk Dikunjungi

Published

on

Screenshot_20230519-150838-df4ed676

Destinasi, Bindo.id – Liburan sekolah yang tinggal menghitung hari lagi, membuat tidak sedikit masyarakat Indonesia mulai disibukan mencari tempat wisata terbaik untuk dikunjungi bersama dengan buah hati tercinta.

Di mana salah satu rekomendasi tempat wisata terbaik di Indonesia yang bisa dikunjungi ketika libur sekolah tiba, yakni Candi Borobudur. Candi Borobudur sendiri merupakan objek wisata terbaik di provinsi Jawa Tengah yang tidak pernah sepi oleh pengunjung.

Hal itu wajar mengingat Candi Borobudur sendiri memiliki bangunan yang cukup unik dengan arsitektur luar biasa. Bahkan saking uniknya bangunan candi tersebut membuat UNESCO menetapkannya sebagai situs warisan dunia.

Namun apakah Anda mengetahui, ternyata di sekitar Candi Borobudur itu terdapat banyak sekali destinasi wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Lantas apa saja tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur ?

5 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik di Sekitar Candi Borobudur

Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta, akan terasa kurang jika tidak mendatangi Candi Borobudur. Pasalnya jarak Candi Borobudur dari pusat Kota Yogyakarta itu tidaklah terlalu jauh, hanya sekitar 1 jam saja. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Daerah Istimewa Yogyakarta, di sekitar Candi Borobudur itu juga terdapat banyak sekali objek wisata menarik lainnya yang wajib untuk dikunjungi. Adapun 5 rekomendasi tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur seperti berikut ini.

1. Candi Mendut

Rekomendasi pertama tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur yang wajib Anda kunjungi yaitu Candi Mendut. Jaraknya yang hanya sekitar 4 km dari Candi Borobudur membuat untuk sampai ke objek wisata ini cukup melakukan perjalanan selama 10 menit saja. Diketahui candi bercorak Budha ini didirikan pada masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Di sekitar komplek Candi Mendut ini nantinya para pengunjung bisa melihat 3 arca dengan relief yang sangat indah. Di mana relief indah yang terdapat pada arca itu menceritakan tentang kisah Pancatantra dan Jataka.

Selain melihat relief yang indah, di Candi Mendut ini para pengunjung juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan lainnya seperti berfoto bersama keluarga, menikmati pemandangan yang indah dan berpiknik. Sedangkan untuk lokasinya objek wisata ini berada di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Magelang, Jawa Tengah. Jika Anda tertarik mengunjungi salah satu tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur ini, Anda hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 10.000 saja untuk membeli tiket masuk.

Baca Juga  Liburan Nataru 2023, Lebih dari 80 Persen Penerbangan Tepat Waktu, Citilink Tertinggi

2. Candi Pawon

Tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur berikutnya yang wajib untuk dikunjungi yakin Candi Pawon. Sama halnya dengan objek wisata sebelumnya, lokasi dari Candi Pawon ini dengan Borobudur tidaklah terlalu jauh yakni hanya sekitar 2 km saja. Namun sayangnya untuk menemukan arca di Candi Pawon ini terbilang sedikit sulit. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir pasalnya masih bisa melihat relief pohon kalpataru dan pundi-pundi Kinara Kinari yang merupakan makhluk setengah manusia, setengah burung.

Apabila Anda tertarik ingin mengunjungi Candi Pawon ini lokasinya berada di dusun 1, Wanurejo, Magelang, Jawa Tengah. Untuk jam operasionalnya sendiri salah satu tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur ini buka setiap hari Mulai pukul 09.00 hingga 17. 30 WIB dengan harga tiket masuk sebesar 10.000 saja.

3. Bukit Rhema Gereja Ayam

Untuk Anda yang pernah menonton film “Ada Apa Dengan Cinta 2” tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur ini, Bukit Rhema Gereja Katolik. Mengingat Bukit Rhema Gereja Katolik itu dulunya sempat dijadikan lokasi syuting untuk pembuatan film “Ada Apa Dengan Cinta 2”. Apabila dilihat dengan seksama, objek wisata yang lokasinya tidak jauh dari Candi Borobudur ini memiliki bentuk bangunan seperti burung merpati di bagian atasnya.

Namun jika Anda melihatnya dari kejauhan bentuk gereja tersebut lebih menyerupai ayam. Itulah alasannya mengapa warga sekitar memberi nama tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur ini dengan sebutan gereja Ayam. Perlu diketahui bahwa ternyata Bukit Rhema Gereja Ayam itu bukanlah sebuah gereja, melainkan rumah doa bagi segala bangsa. Untuk lokasinya sendiri objek wisata tersebut berada di desa Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sedangkan harga tiket masuk ke objek wisata tersebut dibandrol sebesar 25 ribu.

Baca Juga  Ayo Tentukan Liburanmu! Tiket Kereta Api Nataru dari Daop 1 Jakarta Masih Banyak Tersedia

4. Museum Samudra Raksa

Apabila Anda ingin mengelilingi tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur tanpa harus naik kendaraan lagi, maka museum Samudra raksa merupakan pilihan paling tepat. Hal itu dikarenakan objek wisata tersebut bisa diakses cukup dengan berjalan kaki saja dari Candi Borobudur. Nantinya ketika Anda memasuki objek wisata ini akan dibuat kagum dengan konstruksi kapal Borobudur dalam ukuran sesungguhnya.

Bukan hanya itu saja namun tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur ini juga mempunyai koleksi yang mengisahkan tentang jalur perdagangan bahari antara Madagaskar, Indonesia purba dan pesisir Afrika Timur. Menariknya lagi di sini para pengunjung juga bisa menikmati sinema interaktif petualangan Raka yang menggunakan teknologi digital berupa animasi 3D. Untuk lokasinya sendiri objek wisata itu berada di Jalan Badrawati, Magelang , Jawa Tengah. Sedangkan jam operasional dari objek wisata tersebut buka setiap hari Mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

5. Savargabumi Borobudur

Rekomendasi terakhir tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur yang wajib untuk dikunjungi yaitu Savargabumi. Savargabumi sendiri merupakan tempat wisata terbaik di Magelang berupa area dengan pemandangan hamparan sawah yang sangat indah. Di sini nantinya tersedia beragam Spot foto yang cukup unik dengan latar belakang sawah sangat indah.

Untuk jumlah Spot fotonya sendiri yang bisa Anda temukan di sana sekitar 22 spot seperti ayunan, kursi gantung, kolam hingga Bean Bag. Untuk lokasinya sendiri objek wisata tersebut berada di Jalan Borobudur, Ngadiharjo Ngaran Lor, Magelang, Jawa Tengah. Sedangkan untuk tiket masuknya sendiri para pengunjung hanya perlu menyiapkan budget sebesar 30 ribu saja.

Demikianlah ulasan singkat tentang 5 rekomendasi tempat wisata menarik di sekitar Candi Borobudur yang wajib Anda kunjungi bersama dengan keluarga tercinta ketika musim liburan tiba.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Liburan ke Batam, Bisa Naik DAMRI dari Bandara Hang Nadim