Connect with us

Seni dan Budaya

Bupati Blitar Hadiri Kirab Pusaka Haul Eyang Jugo di Kesamben

Published

on

IMG_0819-4ca8c39d

Blitar, Bindo.id – Bupati Blitar, Rini Syarifah menghadiri Kirab Pusaka dalam rangka Haul Eyang Jugo di Kesamben pada Sabtu (3/6/2023).

Mak Rini mengapresiasi kegiatan yang pertama kali dilakukan pasca pandemi Covid -19. Sebab animo masyarakat untuk melestarikan budaya tetap antusias meskipun sebelumnya telah vakum selama 3 tahun.

“Alhamdulillah peringatan Haul Eyang Jugo yang telah dimulai pada hari Jumat kemarin berlangsung lancar. Kegiatan Kirab Pusaka ini telah continue dilaksanakan dari tahun ke tahun sebagai wujud komitmen kita untuk menghormati para ulama, sesepuh sekaligus sebagai upaya nguri-nguri budaya Jawa,” kata Mak Rini.

Selain melestarikan budaya kegiatan ini juga meningkatkan perekonomian. Hal ini, didukung dengan banyaknya pedagang sekitar area kirab budaya.

“Banyak pedagang keliling momentum ini bagus jika dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di Kesamben dan sekitarnya untuk mengenalkan produk unggulan,”jelasnya.

Mak Rini berpesan agar budaya ini tetap dijaga dan dilestarikan serta dapat diteruskan oleh generasi muda.

Sebagai informasi Eyang Jugo merupakan salah satu tokoh itu bangsawan Keraton Yogyakarta bernama asli R.M Soerjokoesoemo dikenal sebagai penasehat spiritual dan Pengawal Pangeran Diponegoro.

Namun setelah kekalahan dan pengasingan Pangeran Diponegoro ke Manado pada tahun 1830, Eyang Jugo dikabarkan melepas atribut kebangsawanannya dan pergi mengembara ke Jawa Timur serta menetap di Kesamben.

Ia juga dikenal berjasa dalam menyembuhkan wabah kolera di Jawa Timur sehingga oleh pemerintah pada saat itu dihadiahi tanah seluas 7 hektar. Di atas tanah tersebut, Eyang Jugo juga membangun sebuah pedepokan.

Source : Pemkab Blitar

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Pemudik Serbu Kampung Coklat Blitar Pada Saat Lebaran