Connect with us

Seni dan Budaya

BLITAR Jadoel 2023 Resmi Dibuka Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Indonesia

Published

on

a-392120d0
Wali Kota Blitar Santoso membuka secara langsung Bazar Blitar Jadoel 2023,Sabtu(17/6/2023)

Seni dan Budaya, Bindo.id – Gelaran Bazar Blitar Jadoel tahun 2023 kembali dilaksanakan oleh Pemerintah kota Blitar.

Bazar Blitar Jadoel (BBJ) merupakan rangkaian dari peringatan Bulan Bung karno. Dan dimulai dari 17-21 Juni 2023 di Alon Alon Kota Blitar.

Dengan mengangkat tema “Nyawiji Gumregah Mbangun Blitar KEREN” Bersatu Bangkit Membangun dan Mewujudkan Blitar Keren, Bazar Blitar Djadoel merupakan event tahunan yang menjadi ajang pameran produk UMKM seperti kerajinan, kuliner dan kesenian.

Ada sejumlah kegiatan selain pameran produk UMKM dan hiburan, yaitu digelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jatim e-Sports.

Menko PMK Muhadjir Effendy membuka secara langsung Bazar Blitar Jadoel 2023,Sabtu(17/6/2023).

Dalam sambutannya berpesan, sebagai masyarakat Indonesia jangan bangga ada orang Indonesia yang terkaya kelima di dunia, itu menunjukkan tingkat ketimpangannya masih tinggi. Dan cita cita keadilan sosial belum tercapai.

“Kalau ingin keadilan sosial tercapai, gerakan UMKM. Dan belanjalah produk pengrajin oleh para kreator dari Blitar, dengan begitu distribusi kekayaan bisa berputar dan merata,”ungkap Menko PMK Muhadjir Effendi.

Diungkapkannya, seperti cita cita Bung Karno dalam Trisakti yaitu, kemandirian di bidang ekonomi, dengan tercapainya daulat politik, dan kepribadian didalam berbudaya harus terwujud.

“Teruslah berkreativitas, apa yang dirintis berkat dorongan masyarakat maupun dari Pemkot, agar terus ditumbuhkan kembangkan dan ditingkatkan,” pesannya.

Tema dan konsep dalam BBJ menurut Wali Kota Blitar Santoso adalah untuk mengangkat nuansa yang dapat mengingatkan kembali tentang sejarah perjuangan bangsa dan untuk memberikan semangat dan motivasi generasi muda mempelajari sejarah.

Dan memaknai perjuangan untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“BBJ adalah untuk menumbuh kembangkan semangat ekonomi kreatif dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19. Mari kita nikmati BBJ sebagai wujud optimisme kebangkitan ekonomi pasca pandemi,”jelasnya.

Lebih lanjut, BBJ bukan sekedar pameran biasa, akan tetapi lebih mengandung spirit Nation and Caracter building.

Baca Juga  Dukung UMKM Lokal, Bupati Blitar Menghadiri Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Pelaku Usaha

BBJ adalah ekspresi dan karya untuk menterjemahkan dari salah satu isi dari trisakti Bung Karno yaitu kepribadian dalam kebudayaan.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Santoso mengapresiasi atas support Menko PMK dan semuanya yang terlibat serta berpartisipasi dalam Bazar Blitar Jadoel.

Selain pesertanya UMKM di Kota Blitar, komunitas koperasi se-Jawa Timur juga turut meramaikan Bazar Blitar Jadoel.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion