Connect with us

Bisnis

FIFGROUP Tegaskan Komitmen pada Masa Depan Hijau di Tanah Papua

Published

on

foto:istimewa/FIFGROUP
foto:istimewa/FIFGROUP

JAYAPURA (Bindo.id) –  Tanah Papua yang mendapatkan julukan ‘Bumi Cendrawasih’ dikenal sebagai pulau yang kaya akan keanekaragaman hayati. Langit biru nan cerah dengan pancaran sinar matahari yang sangat cerah menunjukkan bersihnya kualitas udara di tanah Papua.

Teriknya sinar matahari tersebut selanjutnya dimanfaatkan sekaligus menjadi wujud komitmen FIFGROUP pada upayanya untuk mengurangi pencemaran lingkungan serta berkontribusi terhadap dampak perubahan iklim dengan melanjutkan misi program pemasangan solar panel yang dilakukan di FIFGROUP Cabang Jayapura.

Dalam rangka mendukung implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) dan nilai-nilai keberlanjutan, kegiatan ini terus gencar dilakukan dengan menargetkan pemasangan hingga ke bagian wilayah paling timur Indonesia. Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment, Health, Safety and Soscial Responsibility (EHSSR), and Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, mengatakan melalui program pemasangan solar panel tersebut, FIFGROUP melihat Papua bukan hanya sebagai wilayah yang kaya akan keindahan alam, tetapi juga sebagai tempat yang tepat untuk mewujudkan misi perusahaan dalam Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat.

“Papua dikenal sebagai pulau yang hijau, udaranya yang bersih, dan alamnya yang mempesona. Tidak hanya itu, dengan kualitas udaranya yang baik menyebabkan pancaran sinar matahari di Bumi Cendrawasih ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan. Seiring dengan komitmen FIFGROUP yang saat ini tengah gencar dalam menerapkan praktek keberlanjutan dalam operasional perusahaan, kami turut melihat Tanah Papua sebagai wilayah yang tepat untuk dilakukan instalasi solar panel.  Kami berharap dengan inisiatif baik ini dapat menjadi aksi nyata untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mempercepat transisi menuju ekonomi berkelanjutan yang sejalan dengan misi FIFGROUP,” tutur Esther.

Baca Juga  Romantis! Nuansa Nostalgia Kahitna Pukau Pengunjung FIFGROUP 35th LOCALICIOUS

Lebih lanjut, Esther menjelaskan melalui instalasi solar panel di Cabang Jayapura, FIFGROUP berharap dapat memberikan contoh nyata bagi industri keuangan lainnya tentang pentingnya mengintegrasikan praktik berkelanjutan dalam operasional perusahaan. Dengan memanfaatkan potensi energi matahari yang melimpah di Papua, FIFGROUP ingin memberikan inspirasi dalam adopsi teknologi terbarukan pada upaya melindungi bumi kita.

Dengan pemasangan yang dilakukan di Cabang Jayapura, saat ini total FIFGROUP telah melakukan pemasangan solar panel di lima belas titik di Indonesia, yaitu Surabaya, Medan, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, dan Jayapura serta tujuh cabang di tahun 2022 dan satu cabang di 2019.

Komitmen Penuh

Dalam mendukung dorongan global pada implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) dan Sustainability untuk masa depan yang lebih hijau, FIFGROUP terus menggencarkan aksi nyata yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.

Aksi itu dilakukan dengan mengusung tagline #CARE yang merupakan singkatan dari Create Action, Rescue Earth. Melalui tagline tersebut perseroan membaginya menjadi tiga aksi, yaitu #CAREforWaste, #CAREforPeople, dan #CAREforGreenLeaving. Untuk #CAREforWaste, FIFGROUP mendorong karyawannya untuk turut berpartisipasi untuk bijak dalam menggunakan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.

Melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk pegawai disabilitas dan juga program inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP berinisiatif menciptkan kehidupan yang berkelanjutan melalui program yang mendorong karyawan dalam menghemat penggunaan listrik khususnya Air Conditioner (AC) sebagai salah satu penyebab penggunaan listrik berlebihan.

Dengan demikian, melalui tagline #CARE, FIFGROUP dapat menginspirasi seluruh masyarakat mulai dari setiap individu untuk berpartisipasi memberikan kontribusi positifnya terhadap lingkungan.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Motor Kredit Dijual, Ketua RT di Jember Jadi Narapidana