Connect with us

Bisnis

Presiden Jokowi Terima Kunjungan 8 Anggota Kongres AS, Bahas Kemitraan dan Kerjasama

Published

on

Presiden Jokowi menerima kunjungan 8 anggota kongres Amerika Serikat, Rabu (03/05/2023), di Istana Merdeka, Jakarta. [setkab]
Presiden Jokowi menerima kunjungan 8 anggota kongres Amerika Serikat, Rabu (03/05/2023), di Istana Merdeka, Jakarta. [setkab]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Jokowi telah menerima kunjungan 8 anggota kongres Amerika Serikat (AS). Di pertemuan tersebut, Jokowi dan para anggota kongres AS melakukan pembahasan pada beberapa isu. Salah satu isu yang dibahas yaitu pentingnya meningkatkan kemitraan setara Indonesia dan AS.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan partnership yang berdasar pada kesetaraan dan menghasilkan kerja sama yang sifatnya win-win.

“Ini betul-betul ditekankan oleh kedua belah pihak, equal partnership,” tutur Retno, Rabu (3/5/2023).

Selain itu, pada pertemuan tersebut juga membahas tentang pentingnya adanya kesepakatan perdagangan bebas terbatas atau limited free trade agreement antara Indonesia dengan Amerika Serikat di waktu dekat.

Retno berpendapat Indonesia sudah mengutarakan kesiapannya untuk mulai melakukan pembahasan terkait kesepakatan tersebut. Retno mengatakan Jokowi juga memberikan apresiasi atas dukungan AS kepada keketuaan Indonesia di ASEAN.

Indonesia sangat menghargai dukungan yang diberikan oleh AS yang merupakan salah satu mitra penting untuk ASEAN. Retno menuturkan Presiden Jokowi berharap supaya Amerika terus memberi dukungan dan support pada implementasi ‘ASEAN Outlook on the Indo-Pacific’

Di pertemuan tersebut, Jokowi menegaskan pentingnya isu akses pasar dan perlakuan non-diskriminasi pada barang-barang ekspor Indonesia yang dikirim ke Amerika. Jokowi juga mengutarakan tekad kuat Indonesia agar dapat membangun industri hilir serta harapan Indonesia agar bisa menjadi bagian dari rantai pasok AS dan dunia.

“Presiden juga mengharapkan agar fasilitas GSP (generalized system of preferences) mendapatkan dukungan,” ujar Retno, dilansir dari detikcom.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga turut mendampingi Jokowi dalam pertemuan tersebut.

Delegasi kongres Amerika Serikat yang menghadiri pertemuan ini yaitu Vern Buchanan, Norma Torres, Terri Sewell, John Rutherford, Claudia Tenney, Carlos Gimenez, Anna Paulina Luna, Jenniffer González Colón, dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Y Kim.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Anwar Usman sambut Jokowi dan Ganjar Salat Id di Solo