Connect with us

Ekonomi

Konsisten Memberdayaan UMKM, PT Pertamina Raih 40 Penghargaan dalam ISRA 2023

Published

on

Foto:istimewa/pertamina/umkm

Solo, Bindo.id – PT Pertamina (Persero) terus menunjukkan komitmen dan konsistensi dalam melaksanakan berbagai kegiatan untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui program-program Community Involvement and Development (CID) yang menerapkan prinsip Creating Shared Value (CSV).

Bukti nyata dari komitmen ini tercermin melalui pengakuan yang diterima oleh PT Pertamina dan Anak Perusahaannya dalam ajang Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2023.

Acara ini diselenggarakan oleh Prospectus Media bekerja sama dengan berbagai akademisi dan praktisi di bidang Corporate Social Responsibility dan Keberlanjutan sebagai kurator program.

PT Pertamina dan Anak Perusahaannya berhasil meraih 40 penghargaan dalam enam kategori, yaitu Pemberdayaan Ekonomi, Pelestarian Budaya, Pendidikan, Kesetaraan Gender & Inklusi Sosial, Peningkatan Kualitas Kesehatan, Pengurangan Perubahan Iklim, Dokumentasi Video CSR, Konservasi Keanekaragaman Hayati, dan penghargaan khusus ISRA 2023: People of The Year.

Dalam kategori Pemberdayaan Ekonomi, PT Pertamina melalui Tim Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP) berhasil meraih peringkat Gold untuk program UMK Go Global dan peringkat Silver untuk program Pinky Movement.

Kedua program ini merupakan program unggulan yang telah dilaksanakan dan terus dikembangkan secara berkelanjutan selama beberapa tahun terakhir.

“Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen semua pihak di Pertamina, untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat. Kami akan terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat, memperkuat ekonomi lokal, dan berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan Indonesia, karenanya kami merasa sangat bangga dan terhormat telah dianugerahi penghargaan ini.” ujar VP Corporate Communication, Fadjar Djoko Santoso.

Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) merupakan ajang penghargaan yang memberikan pengakuan kepada pelaku bisnis dari berbagai industri atas komitmen, dedikasi, dan inovasinya dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Baca Juga  Kisah Sukses UMKM Binaan Pertamina: Dari Bengkel Rumahan, Merambah ke Bisnis Jual Beli Kendaraan

Pada tahun 2023, ISRA mengusung tema “Empowering Sustainable Innovation”, yang mengedepankan pemberdayaan melalui inovasi sosial yang berkelanjutan.

Selain itu, ISRA juga bertujuan untuk menciptakan peluang kolaborasi, membangun jaringan, serta memberikan keterampilan praktis dan alat untuk menerapkan inovasi.

Dalam paparannya, Ravik Karsidi, Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, menyampaikan bahwa hubungan antara bisnis dan tanggung jawab sosial sangat erat.

Di dalam menjalankan bisnis, penting bagi perusahaan untuk tidak hanya fokus pada aspek ekonomi, tetapi juga menyadari dampak terhadap lingkungan sekitar. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), di mana perusahaan memberikan manfaat bagi masyarakat melalui berbagai program.

Dalam konteks ini, program-program yang dijalankan harus sejalan dengan program pemerintah, seperti penanggulangan angka stunting yang tinggi, pengurangan kemiskinan ekstrim, pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia, Pertamina dan Anak Perusahaannya telah menjalankan tanggung jawab sosial di berbagai bidang, dengan fokus pada sektor lingkungan, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi.

Pada penjurian ISRA 2023, beberapa aspek yang dinilai antara lain terkait dengan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), pelaksanaan program termasuk strategi pengembangan dan inovasi, dampak signifikan yang diberikan kepada masyarakat, termasuk pemberdayaan ekonomi, perubahan struktural, serta dampak positif yang melebihi aspek ekonomi (efek multilayer program).

Fadjar, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas dukungan yang diberikan kepada Pertamina dalam program CSR.

Pertamina berkomitmen untuk menjalankan program CSR yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan aspek Creating Shared Value (CSV) dan keselarasan CSR yang mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan secara berkelanjutan.

Baca Juga  Tak Memiliki Sertifikasi Halal 17 Oktober, Usaha Besar Akan Dikenakan Sanksi Dan UMKM Diberi Keringanan

Peran CSR dalam sebuah perusahaan menjadi kunci esensial dalam menerapkan Sustainable Development Goals (SDG’s).

“Pertamina senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan nilai tambah bagi seluruh masyarakat Indonesia dengan menghadirkan berbagai inisiasi program CSR yang berkelanjutan. Semoga kehadiran penghargaan ini dapat memotivasi kami untuk menciptakan program unggulan dan bermanfaat bagi banyak pihak ke depannya,” tutup Fadjar.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion