Connect with us

Ekonomi

Sosialisasi dan Pembinaan Petugas Pemungut dan Keamanan Pasar Kabupaten Blitar Pra Penerapan E-retribusi Pasar

Published

on

b-1dd68993
Sumber : Pemkab Blitar

Kabupaten Blitar, Bindo.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Izul Marom, M.Sc membuka Sosialisasi dan Pembinaan Petugas Pemungut dan Keamanan Pasar Kabupaten Blitar Pra Penerapan E-retribusi Pasar, Jum’at (23/6/2023) di Ruang Perdana Pemkab lama dengan narasumber dari Inspektorat dan Satpol PP Kabupaten Blitar.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada pengelola, petugas pemungut dan keamanan di pasar sebelum diterapkannya e-retribusi terkait dengan aturan dan pasal-pasal yang diatur pada peraturan perundang-undangan supaya setiap tindakan dan pekerjaan Pemerintah Daerah misalnya dalam memungut retribusi tidak menyalahi aturan yang berlaku.

Sekda Izul mengatakan pemungutan secara manual menggunakan karcis banyak menimbulkan indikasi-indikasi yang kurang bagus sehingga menjadi sorotan jajaran samping maupun media.

Oleh karena itu pemerintah daerah mengambil langkah untuk menerapkan e-retribusi pasar dalam mendukung gerakan nontunai dan digitalisasi yang menjadi bagian dari e-government dalam pelayanan publik.

“’E-retribusi bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi serta transparansi dalam pemungutan retribusi. Selain upaya untuk meningkatkan PAD, penerapan e-retribusi juga melindungi teman-teman pemungut dari indikasi yang kurang baik,” ungkapnya.

Selain upaya pemerintah daerah dalam memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung dalam meningkatkan daya saing serta supaya pasar tradisional bisa tetap memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Sekda Izul juga berpesan kepada seluruh petugas di pasar untuk ikut serta dalam menarik minat pembeli untuk berbelanja dan mengunjungi pasar tradisional.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan kerja bakti membersihkan lingkungan pasar bersama dengan pedagang.

Hal demikian merupakan langkah yang dapat merubah stigma masyarakat jika pasar tradisional itu kumuh dan kotor.

Sumber : Pemkab Blitar

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Dukung UMKM Naik Kelas, PT Menara Maritim Indonesia Gelar Program Gerobak UMKM Pelindo Tower