Connect with us

Teknologi

Masyarakat Indonesia Perlu Berhati-Hati, Inilah Ciri-Ciri File PDF yang Ada Unsur Phising di Dalamnya

Published

on

Ciri-ciri file PDF yang ada unsur phising

Teknologi, Bindo.id – Perkembangan teknologi yang semakin pesat ternyata tidak hanya memberikan dampak positif saja, melainkan ada juga beberapa dampak negatifnya.

Salah satu dampak negatif dari adanya perkembangan teknologi itu yakni hadirnya penipuan bentuk baru berupa phising dengan memanfaatkan file PDF.

Nah, di dalam phising file PDF ini nantinya seorang hacker akan mengirimkan sebuah file kepada para korbannya.

Kemudian jika file yang dikirimkan oleh hacker itu Anda klik bisa mengakibatkan pencurian data.

Oleh karena itu untuk menghindari agar kejahatan ini tidak terjadi pada Anda penting untuk mengetahui ciri-ciri file PDF yang ada phising. Lantas seperti apa ciri-ciri file PDF yang ada unsur phising itu?.

Mengetahui Ciri-Ciri File PDF yang Ada Unsur Phising

Untuk mengetahui apakah file PDF yang di kirimkan oleh sahabat atau seseorang itu ada unsur phisingnya atau tidak ternyata sangatlah mudah dilakukan.

Di sini anda hanya perlu mengenali terlebih dahulu  ciri-ciri file PDF yang ada unsur phising seperti berikut ini.

1.  Ekstensi file PDF Mengandung Huruf Kapital

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa eksitensi file PDF yang asli itu semuanya ditulis dalam bentuk huruf kecil misalnya “pdf”.

Jadi jika dalam hal ini Anda menemukan eksitensi file PDF yang di dalamnya mengandung huruf kapital maka patut curiga.

Pasalnya kemungkinan besar file PDF tersebut di dalamnya mengandung unsur Phising yang bisa mencuri data-data pribadi.

2. Logo File PDF Tidak Memiliki Warna

Ciri-ciri file PDF yang ada unsur phising berikutnya yakni logonya tidak berwarna. Biasanya  logo file PDF yang di dalamnya disisipi oleh phising itu akan memiliki warna abu-abu.

Oleh karena itu apabila anda menemukan file PDF yang logonya tidak berwarna merah, sebaiknya hindarilah untuk mengekliknya.

Namun jika logo  PDF itu berwarna merah, bisa dipastikan file tersebut asli dan tidak mengandung unsur penipuan di dalamnya.

Baca Juga  DPR Minta Publik Waspada Kejahatan Phising Via Internet

3. Nama File PDF Ditulis Typo

Meskipun tidak semua file PDF yang menampilkan typo itu di dalamnya mengandung unsur phising, tetapi tetap saja anda perlu waspada.

Mengingat ada juga hacker yang menuliskan simbol-simbol tertentu pada file PDF ketika ingin melakukan penipuan online kepada korbannya.

Apabila dalam hal ini anda mendapatkan pesan dengan ciri-ciri seperti itu, alangkah baiknya untuk mengabaikannya saja.

Selain itu Anda juga bisa langsung menanyakan kepada pengirim dari file PDF tersebut untuk meminta penjelasan mengenai isi di dalamnya.

4. File PDF Tidak Menampilkan Preview Isi

Biasanya ketika file PDF yang asli itu dikirim melalui WhatsApp, para penerima nantinya bisa melihat previewnya. Termasuk nama file dan tampilan pertama  isi dari dokumen PDF tersebut.

Itu artinya jika anda menemukan file PDF yang tidak menampilkan preview isi, maka jangan langsung membukanya.

Pasalnya salah satu ciri file PDF yang ada pishing itu yakni tidak menampilkan preview isi. Oleh karena itu sebelum membukanya pastikan telah menanyakan terlebih dahulu kepada pengirimnya terkait isi di dalamnya.

Demikian ulasan singkat tentang ciri-ciri file PDF yang ada unsur phising di dalamnya. Perlu diketahui bahwa selain memahami ciri-ciri di atas, untuk menghindari terjadinya phising online Anda juga perlu mengetahui karakteristik para oknum penipu.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *