Connect with us

Teknologi

JAKARTA GAME EXPO 2023, Event Spektakuler Bagi Gamer Indonesia

Published

on

JAKARTA GAME EXPO 2023
Jakarta Game Expo 2023 opening, Doc: Fiqih Fadhilla, Bindo

Jakarta, Bindo.id – Ayo terjun ke dunia game seru di JAKARTA GAME EXPO 2023! Kalimat ajakan ini menggema di seantero penjuru Jakarta bagi para gamer. Event yang didukung oleh Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKANS) ini digelar mulai tanggal 29 Juni hingga 2 Juli 2023 di Mangga Dua Square, Jakarta. Acara yang sudah dinanti-nanti ini menjadi tempat berkumpulnya para gamer dan pecinta game, diselingi berbagai pertunjukan, pameran, dan lomba antar gamer.

Di sela kegiatan event JAKARTA GAME EXPO 2023, Ketua Panitia Hendri Andrigo dari Digitalife yang juga menjabat sebagai Ketua DPD APTIKNAS DKI Jakarta mengatakan, salah satu yang paling ditunggu di JAKARTA GAME EXPO 2023 adalah pameran eksklusif dari para pembuat dan penerbit game.

Andi Tanudiredja (kiri) dan Hendri Andrigo (kanan)

Pengunjung bisa menjelajahi dan mencoba game-game terbaru dari para pencipta game berbakat dan bisa melihat langsung dan menjajal langsung beragam game yang dirilis menggunakan teknologi game tercanggih.

Disebutkan pula, mulai dari kisah seru terciptanya game berskala internasional sampai cara bermain yang baru dan menarik, bakal disuguhi di pameran yang bertujuan untuk membangkitkan imajinasi para gamer dari semua usia.

Selain itu, JAKARTA GAME EXPO 2023 juga dapat membawa pengunjung ke dalam Metaverse, dunia virtual. Pada event tersebut, pengunjung bisa melihat dan merasakan pengalaman interaktif dalam lansekap digital yang memukau. Bagian Metaverse ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang masa depan game dan realitas virtual, membuka cakrawala baru di industri game.

Virtual Realitas (VR) dan simulator menjadi bagian lain yang menarik dari acara ini. Pengunjung bisa mencoba teknologi VR terbaru dan merasakan pengalaman bermain game di dimensi yang benar-benar baru. Baik menjelajah dunia virtual, berpetualang, atau mencoba kemampuan mereka di simulator yang realistis, dan pengunjung akan mendapatkan pengalaman bermain game virtual yang tak terlupakan.

Bagi penggemar esports, JAKARTA GAME EXPO 2023 punya banyak lomba seru. Acara ini menjadi tempat kompetisi esports yang penuh aksi, mempertunjukkan keterampilan dan bakat para gamer. Kompetisi ini bakal diikuti tim-tim terbaik di berbagai game populer, yang akan berlomba memperebutkan kemenangan dan hadiah menarik. Esports sudah menjadi fenomena global dan pameran ini merayakan popularitasnya yang semakin meningkat di Jakarta.

Baca Juga  Kolaborasi 3 Organisasi Besar Gelar Pameran MEGATECH 2023 di Mangga Dua Square

Dukungan dari APTIKNAS, Taiwan Excellence, Developer dan Publisher Game Indonesia

Soegiharto Santoso selaku Ketua Umum DPP APTIKNAS dalam sambutannya pada pembukaan acara, Jumat, (30/6/2023) menuturkan, dirinya sangat senang dan bangga atas kinerja para pengurus APTIKNAS yang sangat aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dapat membangkitkan ekonomi di Indonesia. “Termasuk kegiatan event JAKARTA GAME EXPO 2023 ini. Karena melalui ajang seperti ini, industri game di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang pesat,” ungkap Hoky sapaan akrabnya.

Soegiharto Santoso, Ketua Umum APTIKNAS dan Ms. Tiffany Wang, Taiwan Excellence mengunjungi salah satu booth pameran

Menurutnya ada beberapa faktor yang telah berkontribusi terhadap perkembangan ini. Salah satunya adalah pertumbuhan jumlah pengguna internet di Indonesia yang signifikan, yang menciptakan pangsa pasar yang lebih besar bagi industri game.

Selain itu, peningkatan daya beli masyarakat juga berdampak positif terhadap bisnis game di Indonesia. Banyak orang yang kini lebih mampu untuk membeli perangkat keras gaming, seperti komputer pribadi dan konsol, sehingga permintaan akan game meningkat.

Selain itu, perkembangan industri startup di Indonesia juga telah memberikan dampak positif bagi industri game, banyak perusahaan game lokal yang muncul dan mendapatkan popularitas di dalam maupun luar negeri.

“Beberapa game Indonesia telah meraih pengakuan internasional, yang membantu memperluas pangsa pasar dan citra industri game Indonesia secara keseluruhan,” beber Hoky.

Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan terhadap industri game melalui berbagai insentif dan program pengembangan. Misalnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki program yang mendukung pengembangan game lokal dan keikutsertaan perusahaan game Indonesia dalam pameran internasional.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Taiwan Excellence, Ms. Tiffany Wang, dalam sambutannya mengatakan, “APTIKNAS adalah rekan bisnis terbaik untuk TAITRA dan Taiwan Excellence, dan semoga JAKARTA GAME EXPO berlangsung dengan sukses dengan dukungan merek-merek terbaik dari Taiwan”. ujar Tiffany Wang.

Baca Juga  Lanjutan Jakarta Game Expo 2023 - Tangcity Mall Tangerang

Sementara itu, Andi Tanudiredja dari PT Masterdata Digital Cyberindo, menanggapi positif kegiatan ini. Ia mengatakan, bagi pengunjung yang suka hardware dan aksesori gaming, ada bazaar khusus di acara ini. “Berbagai peralatan gaming, dari kartu grafis tingkat tinggi sampai kursi gaming ergonomis, bisa dibeli di sini. Para gamer bisa memperbarui peralatan mereka, mendapatkan penawaran menarik, dan melihat perkembangan terbaru di industri game,” kata Andi.

Di kesempatan ini juga, Hendri Andrigo menambahkan, yang membuat JAKARTA GAME EXPO 2023 semakin istimewa adalah komitmennya pada inklusivitas dan aksesibilitas. “Acara ini bertujuan menarik 2.200 gamer yang bisa mendaftar dengan mudah secara online. Untuk menjadi peserta lomba pada event ini juga gratis dan terbuka untuk umum, agar memastikan semua orang pencinta atau penikmat game bisa ikut berpartisipasi dan menikmati suasana meriah,” ujar Hendri.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Digitalife dan didukung oleh APTIKNAS DKI JAKARTA, Forum Vendor Gaming Indonesia, dan CAKRA, yang merupakan kolaborasi kerjasama yang kuat di komunitas game.

JAKARTA GAME EXPO 2023 juga bangga disponsori oleh TAIWAN EXCELLENCE, yang menunjukkan pengakuan internasional dan dukungan dari organisasi ternama, serta disuport merek-merek ternama seperti Benq, Asus, MSI, ECS, Aver, Thermaltake, Lexar, Cube Gaming, 1st Player, Vurrion, Steel Series, Thrustmaster, NVidia, dan Streamplify.

Selain itu JAKARTA GAME EXPO 2023 juga di dukung oleh game developer dan publisher seperti Line Game, Megaxus dan Antarupa Studio. Sementara itu media partner yang mendukung adalah Kotakgame, Esport.id, Metaco, Infotourney, Ligagame Esport, Gamerlife ID, Biskom, Bindo dan Dunia Game.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *