Connect with us

Teknologi

3 Fitur Keamanan Whatsapp yang Belum Banyak Diketahui Orang

Published

on

whatsappweb-1-b1f18ce3

Whatsapp merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia termasuk di Indonesia. Karena begitu banyak pengguna maka pihak Whatsapp terus mengembangkan aplikasi ini.

Hal yang kini terus dikembangkan ada pada fitur keamanan saat pengguna mengakses aplikasi tersebut. Hal ini dilakukan karena cukup banyak pihak lain yang ingin membajak aplikasi dan mencuri seluruh data-data di dalamnya. 

Karena alasan itulah maka pihak Whatsapp melakukan pengembangan dengan meningkatkan sejumlah fitur keamanan. Fitur satu ini juga belum banyak diketahui oleh para pengguna Whatsapp karena masih tergolong baru.

Fitur-Fitur Keamanan Whatsapp yang Terbaru

Ada sejumlah fitur keamanan yang ada pada Whatsapp dan berikut ulasan selengkapnya:

Perlindungan Akun

Untuk fitur keamanan ini berfungsi ketika kamu ingin mengalihkan akun Whatsapp ke perangkat baru. Jadi ketika kamu ingin mengganti handphone baru maka nanti ada proses verifikasi untuk memastikan akun itu miliknya.

Untuk perlindungannya dengan cara melakukan beberapa langkah untuk pemeriksaan keamanan tambah. Jadi di perangkat yang lama akan ada notifikasi dan pengguna perlu melakukan verifikasi tersebut. 

Dengan cara seperti ini tentu akan membantu pengguna karena akan ada peringatan ketika ada yang ingin mengakses akun. Ketika itu bukan dari kamu sendiri maka bisa ditolak proses log in ke akun Whatsapp.  

Verifikasi Perangkat

Hal yang paling ditakutkan sebagai suatu ancaman oleh pihak Whatsapp adalah adanya malware. Jika virus ini sudah berhasil masuk maka pengguna lain bisa memanfaatkan smartphone tanpa izin. Jika sudah demikian maka pihak yang tidak bertanggungjawab bisa mengirimkan pesan yang tidak diinginkan. 

Karena alasan itu maka kini Whatsapp berupaya menambah fitur autentikasi akun pengguna. Dengan cara ini maka akun yang kamu miliki akan terlindungi dan tidak mudah disusupi oleh perangkat lain. 

Baca Juga  Fitur Baru Chat Lock WhatsApp, Ini Cara Mengunci, Melihat dan Menonaktifkannya

Kode Keamanan Otomatis

Untuk fitur keamanan lainnya ada pada kode keamanan dan ini berfungsi untuk memastikan chat sampai ke penerima. Dalam proses pengecekannya bisa dilakukan secara manual dengan cara mengklik di tab enkripsi yang ada di info kontak. 

Selain itu fitur keamanan yang juga dirilis berupa transparansi kunci. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna melakukan proses verifikasi secara otomatis dan memastikan memiliki jaringan yang aman. 

Maka dari itu ketika pengguna mengklik tab (menu) enkripsi maka ini memastikan jika pembicaraan kamu secara pribadi aman. Cara lain yang bisa dilakukan oleh pengguna adalah mengaktifkan fitur dua langkah dan cadangan. 

Semua fitur yang disebutkan ini tentu akan memudahkan dan memastikan akun Whatsapp kamu aman. Upaya seperti ini tentu sangat penting karena jika sampai disusupi maka setiap percakapan kamu akan diketahui oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Maka dari ketika ada fitur seperti ini maka kamu update terlebih dahulu aplikasi Whatsapp. Selanjutnya tinggal kamu aktifkan saja semua fitur yang disebutkan agar Whatsapp yang kamu miliki aman.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion