Connect with us

Sports

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Timnas Indonesia Tumbang Oleh Irak di Kandang Sendiri, Masihkah Berpeluang Lolos?

Published

on

Indonesia vs Irak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Foto Antara-93fe8766

Sports, Bindo.id – Timnas Indonesia menelan pil pahit kekalahan 0-2 atas Irak pada laga Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6/2024).

Hasil ini menempatkan Indonesia pada peringkat kedua Grup F dengan koleksi 7 poin. Sementara Irak kian mantap berada di puncak grup dengan raihan sempurna 15 poin.

Jalannya Pertandingan

Laga berjalan cukup berimbang di menit-menit awal. Tim asuhan Shin Tae-yong mampu bermain dominan pada awal laga babak pertama. Namun, pertahanan Irak yang cukup kuat masih tetap sulit ditembus oleh pasukan Garuda.

Timnas Irak sempat menebar bahaya saat tendangan keras Osamah Jabbar Rashid dari luar kotak penalti melesat ke arah gawang Indonesia. Namun, bola melebar tipis di sisi kanan gawang Ernando Ari.

Semenit kemudian, Indonesia berpeluang menciptakan gol dari sepak pojok. Sayangnya, umpan bola dari Thom Haye tidak dapat disambut oleh rekan-rekannya.  

Di menit ke-16, tandukan Ibrahim Bayesh Al-Kaabawi membobol gawang timnas Indonesia. Beruntung, wasit menganulir gol tersebut. Wasit melihat Ibrahim sebelumnya sempat melakukan dorongan kepada pemain Indonesia.

Setelahnya, Indonesia kembali berpeluang menciptakan gol. Di menit ke-20, tendangan Rafael Struick menyasar gawang Irak, namun sayang bola membentur salah satu pemain Irak.  

Kesempatan emas Indonesia kembali datang di menit 35. Sandy Walsh melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti Irak. Namun, tendangannya masih terlalu pelan sehingga mudah saja diamankan oleh kiper Irak.

Hingga akhir babak pertama belum tercipta satu gol pun dari Indonesia maupun Irak. Kedudukan masih 0-0 hingga wasit meniup peluit akhir babak pertama.

Memasuki awal babak kedua, pelatih timnas Irak melakukan dua pergantian pemain. Ali Jasim dan Youssef Amyn masuk menggantikan Bashar Rasan dan Zidane Iqbal.

Petaka bagi Timnas Indonesia datang di menit ke-52. Irak mendapatkan hadiah penalti usai Justin Hubner handsball di kotak penalti.

Aymen Hussein sebagai eksekutor berhasil menjebloskan bola ke pojok kiri gawang Indonesia. Kedudukan menjadi 1-0 bagi keunggulan timnas Irak.

Di menit ke-59, petaka lain datang bagi timnas Indonesia. Jordi Amat yang melakukan pelanggaran keras pada  Youseff Amyn harus menerima kartu merah dan angkat kaki dari lapangan. Indonesia terpaksa melanjutkan perjuangannya hanya dengan 10 pemain.

Shin Tae-yong pada menit ke-64 melakukan pergantian pemain. Sandy Walsh, Thom Haye, dan Shayne Pattynama digantikan oleh Asnawi, Ivar Jenner, dan Pratama Arhan.

Menit ke-88 Ernando Ari melakukan blunder saat mendapat bola umpan dari Rizky Ridho. Ernando yang mencoba mengontrol bola malah kecolongan.

Ali Jasim merebut bola dan dengan mudah melepas bola ke gawang Indonesia yang kosong tanpa penjagaan. Irak semakin unggul dengan 2-0. Skor ini bertahan hingga laga berakhir.

Kans Lolos Timnas Indonesia

Dengan kekalahan Indonesia atas Irak, lantas bagaimana peluang timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026?

Meskipun kalah dari Irak, tetapi skuad Garuda masih memiliki peluang. Jika ingin lolos, maka Timnas Indonesia harus mampu menjaga posisinya sebagai runner-up grup F.

Ini artinya, Justin Hubner dan kawan-kawan wajib menang di laga terakhir kontra Filipina pada Selasa (11/6/2024) mendatang. Jika tidak, maka Vietnam yang berada di posisi ketiga grup F berpeluang mencuri kesempatan lolos tersebut. Terutama, jika Vietnam berhasil menang atas Irak di pertandingan terakhirnya.

Mari nantikan bagaimana racikan Shin Tae-yong atas anak-anak asuhnya untuk menghadapi skuad The Azkal pekan depan. Mampukah pelatih asal Korea Selatan ini menciptakan sejarah baru bagi sepakbola tanah air?

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *