Connect with us

Sports

3 Amanat Jokowi Kepada Menpora Baru Dito Ariotedjo

Published

on

Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau akrab dipanggil Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) yang baru [kemenpora]
Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau akrab dipanggil Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) yang baru [kemenpora]

Jakarta, Bindo.id – Presiden Joko Widodo telah melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang akrab dipanggil Ariotedjo menjadi menpora baru. Dito dilantik Presiden Jokowi untuk menggantikan Zainudin Amali. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Senin sore (3/4/2023) pukul 16.00 WIB.

Zainudin Amali mundur dari jabatannya sebagai menpora setelah dirinya ditunjuk menjadi wakil ketua umum PSSI. Sebelum pelantikan Dito, jabatan menpora sementara diisi oleh Muhadjir Effendy.

Dito berasal dari Partai Golkar dan menjabat sebagai menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju. Menpora baru, Dito Ariotedjo diberikan amanat jokowi dalam menjalankan tugasnya. Amanat yang dititipkan berkaitan dengan DBON, Pelayanan Pemuda, dan penggiatan sepakbola tarkam.

Pada pelantikan tersebut, Jokowi menitipkan sejumlah amanat kepada Menpora Dito Ariotedjo demi kemajuan pemuda dan olahraga Indonesia. Harapannya ini menjadi fokus utama saat menjalankan kepengurusan setahun ke depan.

“Ada tiga poin yang ditekankan Pak Presiden, yang pasti melanjutkan apa yang sudah dimulai dari Menpora sebelumnya Pak Zainudin Amali,” tutur Dito.

Dirinya akan melanjutkan semua program dari Zainudin Amali diantatanya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan sentra pelayanan kepemudaan nasional.

3 Amanat Jokowi Kepada Dito Ariotedjo

Dilansir dari detik.com, Berikut ini 3 poin yang diamanatkan Jokowi kepada Dito Ariotedjo

“Yang pertama yaitu beliau ingin SEA Games dan Asian Games,” ucapnya.

Jokowi berharap SEA Games dan Asian Games dapat memprioritaskan cabor yang mempunyai potensi medali. Upaya yang dilakukan harus efisien dan dapat memperoleh hasil medali yang terbaik.

Jokowi juga berharap digiatkan lembali liga Sepakbola Tarkam (Antar Kampung). Selain itu, penggalakkan sepakbola di tingkat pendidikan dan sekolahan juga terus diadakan. Amanat ini bertujuan supaya tingkat partisipasi sepakbola Indonesia kian meningkat.

Baca Juga  Jokowi Ungkap Penetapan Hari Santri Lewat Keppres

Semakin banyak orang yang terlibat di dunia sepakbola, maka akan semakin baik. Sebab akan terbentuk iklim kompetitif yang dapat menelurkan pemain-pemain terbaik. Hal ini tentunya dapat berdampak positif bagi Timnas Indonesia.

“Kedua, arahan Pak Presiden, beliau ingin liga-liga sepakbola pertandingan olahraga itu masif dilaksanakan,” ucapnya.

Pertandingan sepakbola digelar mulai dari level tingkat pendidikan, sekolah dan perkuliahan. Selain di sektor pendidikan, sepak bola juga digelar Liga Antar Kampung.

Poin yang ketiga Jokowi sangat peduli dan berharap ekosistem sport industri Indonesia menjadi lebih maju dan lebih established. Jokowi juga memiliki harapan di bidang kepemudaan supaya indeks pembangunan pemuda mengalami peningkatan. Selain itu, para pemuda diarahkan untuk menjadi entrepreneurship.

“Untuk pemuda, Presiden ingin pemuda itu lebih ke arah kewirausahaan dan profesionalisme dengan capaian Indeks Pembangunan Pemudanya naik,” tuturnya.

Dalam keterangannya tersebut dia juga menyampaikan bahwa dirinya harus mengurangi berat badan. Sehingga dia akan mulai diet dan latihan semakin keras.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion