Connect with us

Politik

3 Alasan PKS Pilih Capreskan Anies di Pilpres 2024

Published

on

Anies Baswedan Bersama PKS [kompas]
Anies Baswedan Bersama PKS [kompas]

Jakarta, Bindo.id – PKS secara resmi telah memilih Anies Baswedan sebagai capresnya di Pilpres 2024. PKS mengungkapkan ada 3 alasan PKS memilih Anies untuk dijagokan di Pilpres 2024.

“Kami memandang bahwa tiga parameter yang menjadi guidance pada musyawarah majelis syura yang ke-7 itu dimiliki oleh Bapak Anies Rasyid Baswedan,” tutur Presiden PKS Ahmad Syaikhu di DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023) dilansir dari detik.com

Syaikhu menuturkan PKS menilai bahwa Anies merupakan sosok yang nasionalis dan juga religius. Tak hanya itu, faktor darah biru yang melekat pada diri Anies juga menjadi alasannya.

“Pertama, Saudara Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis religius,” tuturnya.

Dia menuturkan bahwa kakek Anies merupakan seorang pahlawan nasional yaitu AR Baswedan. PKS berharap darah biru dari kakek Anies yang merupakan seorang pejuang dan memperoleh gelar pahlawan nasional akan menurun dan diwarisi oleh Anies Rasyid Baswedan.

PKS juga menilai Anies dapat memadukan nilai nasionalisme dan religiositas. PKS memiliki pandangan bahwa unsur agama dan nasionalis saling berkaitan.

“Yang kedua, Saudara Anies Rasyid Baswedan juga adalah sosok pemimpin yang bisa memadukan antara nilai-nilai nasionalisme dengan religiositas,” tuturnya.

Menurutnya, nasionalisme dan religiositas merupakan satu kesatuan yang padu dan utuh yang tak terpisahkan.

“Agama menjadi inspirasi bagi nasionalisme, dan nasionalisme memuliakan peran-peran agama,” imbuhnya.

Terakhir, PKS menilai Anies menjadi sosok pemimpin yang memiliki rekam jejak cukup mumpuni. Syaikhu menuturkan DPW PKS DKI memberikan rekomendasi Anies menjadi capres sebab PKS menganggap Anies telah berhasil memimpin DKI Jakarta.

Anies dianggap menjadi simbol perubahan untuk kemajuan pembangunan. Pembuktiannya yaitu saat membangun daerah ibu kota DKI Jakarta. Syaikhu mengatakan DPW PKS DKI menyerahkan sepenuhnya ke DPP bahwa Anies telah berhasil di DKI.

Baca Juga  Antisipasi Adanya Calon Titipan Parpol, Proses Seleksi Anggota KPUD Diawasi Oleh Bawaslu

“Mudah-mudahan Allah takdirkan sebagai presiden republik Indonesia 2024,” tuturnya.

PKS memilih untuk mengusung Anies Baswedan, yang sebelumnya telah dideklarasikan Partai NasDem sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

“sosok yang dimaksud jatuh kepada Anies Rasyid Baswedan,” tutur Presiden PKS Ahmad Syaikhu di DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (23/2).

Setelah keputusan Musyawarah Majelis Syuro yang ke-VIII, Syaikhu menginstruksikan kepada struktur, anggota, simpatisan PKS di semua Indonesia. Instruksi yang diberikan yaitu mengenalkan dan menyosialisasikan ke semua pelosok dan penjuru negeri bahwa Anies Rasyid Baswedan adalah bakal calon presiden RI yang diusung oleh PKS.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion