Connect with us

Peristiwa

2 Pekerja Tewas Akibat Longsor Di PT SPM Morowali Utara, Polda Sulteng Lakukan Penyelidikan

Published

on

Evakuasi korban longsor di PT Sumber Permata Mineral (SPM) [beritamorut]

Palu, Bindo.id – Polda Sulteng masih melakukan penyelidikan tentang peristiwa longsor yang terjadi di kawasan PT Sumber Permata Mineral (SPM).

Peristiwa ini berlokasi di Morowali Utara (Morut). Insiden ini telah menewaskan 2 pekerjanya pada Sabtu (30/12/2023).

Polda Sulteng sudah menjalin kerjasama dengan inspektur tambang untuk melakukan penyelidikan pada kasus ini.

“Polres Morut juga sudah melakukan beberapa langkah, baik itu mengamankan TKP, sudah melakukan tindakan pertama, meminta visum kepada rumah sakit setempat dan sudah berkoordinasi dengan pihak manajemen PT SPM,” tutur Kapolda Sulteng Irjen Pol Agus Nugroho, Senin (1/1/2024).

Agus menyebutkan pihaknya saat ini masih menanti hasil penyelidikan tentang adanya unsur pidana atau tidak pada insiden tersebut.

“Kita tunggu hasilnya, saat ini penyelidikan masih berjalan, mudah-mudahan secepatnya sudah ada gambaran informasi dari pihak Polres, yang jelas kita akan kejar terus,” ungkap Irjen Pol Agus Nugroho.

Dirinya menuturkan pihaknya dalam setiap penanganan perkara senantiasa menangani secara profesional, proporsional, transparan serta akuntable.

“Kita tidak akan pernah tutupi itu, kalau memang ada unsur pidana, kita akan proses sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Irjen Pol Agus Nugroho.

Akibat longsor ini, ada 2 pekerja yang memiliki inisial BY (41) warga Malili Sulsel serta RNB (25) warga Pamona Poso yang jadi korban.

Kapolres Morut AKBP Imam Wijayanto menuturkan berdasarkan dari keterangan saksi yang memiliki inisial RHM, awalnya dirinya menjadi operator excavator. RHM sedang bekerja untuk memindahkahkan ore (material dari hasil galian tambang) bersama dengan korban BY.

Namun naas, tiba-tiba tebing yang ada di sebelah pemindahan ore longsor serta menimbun mereka.

Selanjutnya, dilaksanakan pencarian bersama pekerja lain. Dari hasil pencarian telah ditemukan korban BY dengan keadaan meninggal dunia.

Setelah itu, dilaksanakan lagi pencarian korban. Korban RNB juga ditemukan dengan kondisi meninggal dunia.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Perjalanan Kereta Api Terlambat Akibat Longsor di Jalur Karanggandul-Karangsari, KAI Sampaikan Maaf