Connect with us

Peristiwa

2 Desa Di Bandung Diterjang Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak

Published

on

Ilustrasi angin puting beliung [bisnis]

Bandung, Bindo.id -Puluhan rumah yang ada di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengalami rusak sebab diterjang angin puting beliung, Jumat (29/12/2023).

Video angin puting beliung yang telah memporak-porandakan wilayah itu sempat terekam kamera warga bahkan viral di Instagram.

Di video tersebut tampak sejumlah material atap rumah yang berterbangan di wilayah perumahan Dago Resort.

Kapolsek Cimenyan, Kompol Nanang menuturkan peristiwa itu terjadi pada jam 17.30 WIB, bersamaan turunnya hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Cimenyan.

Nanang menyebut angin puting beliung menimpa dua Desa. Kedua Desa tersebut yaitu Desa Ciburial dan Desa Mekarsaluyu.

Akibat perisiwa ini, ada 34 rumah rusak, pohon tumbang serta sejumlah tiang listrik yang ambruk.

“Betul sore tadi pas hujan turun kejadiannya,” ujarnyanya, Sabtu (30/12/2023).

Nanang menuturkan ada 3 rumah di RW 04 yang mengalami kerusakan atap serta sebagian lainnya tertimpa oleh pohon. Di RW 05 ada sebanyak 30 rumah sedangkan di RW 06 ada 1 rumah.

Di Desa Mekarsaluyu, sejumlah pohon yang memiliki ukuran besar tampak tumbang ke jalan. Hal ini mengakibatkan tertutupnya arus lalulintas.

“Enggak ada korban jiwa, hanya kerugian materil saja, yaitu atap rumah rusak tersapu angin maupun tertimpa pohon tumbang,” paparnya.

Pihaknya berserta pemerintah setempat masih mengadakan pendataan. Dia berpendapat jumlah rumah yang rusak kemungkinan akan bertambah.

“Jumlah rumah yang terdampak masih dalam pengecekan, klasifikasi rusak berat dan ringan dan masih dilaksanakan pendataan,” tutur Nanang.

Dirinya menyebutkan puing-puing atap rumah serta pohon tumbang telah sejak semalam diusahakan untuk dilakukan evakuasi.

Dia menyebutkan saat ini kebutuhan mendesak yakni alat potong gergaji mesin yang dipakai untuk memotong pohon tumbang serta terpal yang dipakai untuk menutup sementara atap rumah.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Alami Perubahan, Jadwal KA Tujuan Bandung, Garut Hingga Banjar Terbaru Khusus Februari 2024