Connect with us

Peristiwa

Bus Masuk Jurang di Guci Tegal, 37 Orang Jadi Koban

Published

on

Bus wisata masuk ke jurang di Guvi Tegal, Jawa Tengah (7/5/2023) [tribunnews]
Bus wisata masuk ke jurang di Guvi Tegal, Jawa Tengah (7/5/2023) [tribunnews]

Tegal, Bindo.id – Sebanyak 37 orang menjadi korban kecelakaan bus pariwisata yang terguling masuk ke jurang. Peristiwa bus masuk jurang ini terjadi di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Salah satu korban kecelakaan dinyatakan meninggal dunia. Sedangkan korban kecelakaan lainnya mengalami luka ringan hingga berat.

Saat ditemui di lokasi kejadian petak 49M1 RPH Guci, Minggu (7/5/2023) sore, Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengungkapkan korban kecelakaan bus tersebut sebanyak 37 orang.

Dari ke 37 korban, 1 korban dinyatakan meninggal, 1 korban mengalami luka berat, dan 35 korban mengalami luka ringan. Korban yang meninggal dunia bernama Maja bin Hasyim (65) asal dari Tangerang Selatan. Korban sebelum dinyatakan meninggal sempat memperoleh perawatan di Puskesmas Bumijawa.

Sajarod menuturkan kecelakaan bermula saat kernet menghidupkan bus pariwisata yang sedang diparkirkan tersebut. Tujuan menghidupkan bus tersebut yaitu untuk memanasi mesinnya.

Lalu, sebanyak 37 penumpang naik ke bus. Sedangkan, kernet dan sopir masih berada di luar bus. Mereka sedang melakukan koordinasi dengan panitia rombongan.

“Dari satu bus yang jatuh, 37 (penumpang) sudah masuk,” ujarnya.

Saat peristiwa terjadi, penumpang lainnya berada di luar. Dalam rombongan tersebut total semua ada 107 orang. Rombongan tersebut dibagi menjadi dua bus. Saat mesin bus pariwisata Duta Wisata yang bernomor polisi B 7260 OGA tersebut dipanasi, tiba-tiba bus tersebut melaju dan kemudian terguling masuk ke sungai, dilansir dari detikcom.

Ketinggian tebing sungai tersebut diperkirakan sekitar lima meter dari bahu jalan. Pihaknya kini sedang mendalami kronologis dan penyebab bus wisata yang terperosok ke sungai sedalam kurang lebih lima meter tersebut.

“Masih kami dalami,” tutur Sajarod.

Berdasarkan keterangan yang didapatkan, bus tiba-tiba melaju dari atas ke bawah sekitar 100 meter. Bus sempat tiga kali menabrak talut di badan jalan, sebelum akhirnya masuk ke sungai.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Baca Juga  Korban Jiwa Kecelakaan Bus di Guci Tegal Bertambah Satu, Kini Korban Meninggal Menjadi 2 Orang