Connect with us

Info Regional

Murah! Sewa Rusun Cuma Rp 10.000 Per Bulan Area Jakarta Dan Bekasi

Published

on

Harga sewa rusun cuma Rp 10.000 per bulan area Jakarta dan bekasi [kompas]

Jakarta, Bindo.id – Harga untuk menyewa rumah susun (rusun) biasanya cukup mahal, terlebih lokasinya berada di Jakarta maupun Bekasi.

Ternyata ada rusun sewa yang harganya cuma Rp 10.000 per bulan di wilayah Jakarta maupun Bekasi.

Rusun itu berlokasi di Sentra Mulya Jaya Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur serta di Sentra Terpadu Pangudi Luhur di Bekasi.

Pembangunan kedua rusun ini merupakan kerja sama Kementerian Sosial dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rusun ini diresmikan pada tahun 2023.

Pembangunan rusun ini khusus bagi masyarakat prasejahtera atau kelompok miskin maupun rentan. Harga sewa per bulannya juga tergolong cukup murah, yakni hanya Rp 10.000.

“Betul dikenakan biaya sewa Rp 10 ribu per bulan, yang sebenarnya akan kembali ke mereka. Semacam dana sosial,” ujar Kepala Sentra Mulya Jaya, Adrianus Alla, dilansir dari situs resmi Kementerian Sosial, Selasa (23/1/2024).

Penyuluh Sosial Ahli Madya yang juga sebagai pengelola rusun Sentra Mulya Jaya, Elmi Wati menyebutkan saat ini terdapat 71 kamar yang telah terisi. Penghuninya yakni penyandang disabilitas, lansia, serta kelompok rentan. Total penghuni rusun sebanyak 205 jiwa.

Sedangkan di Rusun Pangudi Luhur terdapat 95 kamar dan memiliki keamanan yang cukup memadai.

Penyuluh Sosial Kementerian Sosial, Syafrudin menuturkan khusus di lantai dasar rusun ini diprioritaskan bagi penyandang disabilitas.

Selain diberi hunian yang layak, Kementerian Sosial juga melakukan pemberdayaan kepada para penerima manfaat yang sebelumnya memiliki pekerjaan namun dianggal belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Salah satunya di Rusun Pangudi Luhur. Di sana para penghuninya dilatih agar berusaha. Nantinya hasil usaha mereka ditabung serta sedapat mungkin digunakan untuk mencicil rumah.

Baca Juga  Sampah Di TPA Bantar Gebang Diubah Mahasiswa UT Menjadi Eco-Urban Farming

Harapannya penghuni rusun ini nantinya dapat mempunyai rumah sendiri.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion