Connect with us

Info Regional

Subholding Pelindo Gelar Aksi Peduli di Hari Kemerdekaan RI

Published

on

Foto:istimewa/SPEL/Pelindo

Jakarta, Bindo.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, PT Pelindo Solusi Logistik (“SPSL”) bersama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 (“Pelindo Regional 2”) menggelar Aksi Peduli kepada masyarakat sekitar pelabuhan.

Rangkaian Aksi Peduli yang dilaksanakan adalah Edukasi Safety Riding dan Servis Motor Gratis, Penataan Kampung Pelindo, Field Trip to Port, dan Bazar Usaha Mikro dan Kecil ini merupakan salah satu bentuk implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan secara serentak oleh Subholding dan Regional Pelindo di empat kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Makasar, Medan, dan Surabaya dan digelar sejak tanggal 10 Agustus 2023.

“Kegiatan kolaborasi antara SPSL dan Pelindo Regional 2 ini kita gelar untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke-78.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi momentum bagi Perusahaan untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan serta secara bersama memupuk semangat nasionalisme, kebhinnekaan, dan bergotong royong dengan melibatkan setiap elemen bangsa melaju bersama menuju Indonesia Maju,” ujar SVP Sekretariat Perusahaan SPSL Kiki M. Hikmat, dalam siaran resmi, Jumat (18/8/2023).

Kiki menjelaskan, program Edukasi Safety Riding dan Service Motor Gratis diberikan kepada 78 (tujuh puluh delapan) pengemudi ojek di sekitar wilayah Pelabuhan Tanjung Priok yang terdiri dari 24 Ojek Koperasi, 22 Ojek Pangkalan Terminal dan 32 Ojek Online Sekretariat Stasiun Priok.

Para pengemudi ojek diberikan pengetahuan mengenai safety riding antara lain tata cara berkendara yang aman, ketentuan-ketentuan hukum bagi pengendara motor, serta perlengkapan dan dokumen yang dibutuhkan sehingga diharapkan dapat meminimalisasi risiko kecelakaan dan melindungi nyawa dan harta benda baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan lainnya.

Untuk mendukung terwujudnya safety riding, selain edukasi para pengemudi ojek juga diberikan bantuan service motor gratis mengingat kondisi kendaraan merupakan hal vital untuk keselamatan pengemudi dan penumpang. Sebagai penutup kegiatan, para pengemudi ojek melakukan penandatanganan komitmen bersama terkait safety riding di area pelabuhan.

Baca Juga  Dukung Digitalisasi UMKM, Transaksi PaDi UMKM Subholding Pelindo Tembus Rp10,86 Miliar

Dalam pelaksanaan program Penataan Lingkungan Pelabuhan, Perusahaan memberikan bantuan penataan lingkungan yang bertempat di 10 lokasi di sekitar wilayah Pelabuhan Tanjung Priok.

Nantinya ke-10 lokasi tersebut akan diperlombakan untuk menata lingkungannya baik dari sisi kebersihan, penghijauan, dekorasi bertema 17 Agustus, serta branding Pelindo.

Untuk memberikan pengetahuan mengenai kepelabuhanan serta meningkatkan rasa memiliki pelabuhan, dilaksanakan program Field Trip to Port dengan mengundang 100 siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar yang berasal dari sekitar wilayah pelabuhan ke Museum Maritim dan kunjungan langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok.

“Sejalan dengan program Pemerintah, dalam rangkaian menyemarakkan peringatan HUT RI kami juga menggelar Bazar UMK. Sebanyak 20 UMK Binaan kita ikut sertakan, hal ini bertujuan untuk memberdayakan UMK daerah sehingga secara bertahap dapat meningkatkan kapasitas UMK dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Kiki.

Irfan selaku salah satu perwakilan penerima manfaat dari program Edukasi Safety Riding dan Servis Motor Gratis yang berprofesi sebagai ojek pangkalan menyampaikan bahwa ia sangat senang dapat diikutsertakan dalam program yang dilakukan oleh SPSL dan Pelindo Regional 2 tersebut.

“Terima kasih SPSL dan Pelindo Regional 2, program TJSL ini sangat bermanfaat bagi kami dan kami berkomitmen kedepannya akan lebih mengutamakan aspek keselamatan dalam berkendara sehingga customer menjadi lebih aman dan nyaman. Sukses selalu untuk Pelindo Group,” ujar Irfan.

Sebagai informasi tambahan, Perusahaan juga turut menyemarakkan peringatan HUT RI dalam berbagai kegiatan seperti Pelindo Plogging Day, penggalangan dana, kontes foto mirip pahlawan nasional, Pelindo influencer, kontes video reels semarak 17-an bersama keluarga, games “amazing race” dan perlombaan menarik lainnya seperti lomba tebak kata, lomba pecah balon, lomba tenis meja, lomba estafet tepung, dan e-sport PES PS4.

Baca Juga  PT PMP Gandeng Pelindo Regional I Garap Kerjasama Maintenance Alat Berat

“Sebagai bagian dari Pelindo Group, SPSL akan terus berkomitmen melaksanakan program TJSL atau CSR secara konsisten untuk Indonesia lebih maju dan sejahtera, sebagaimana tema HUT ke-78 RI tahun 2023 yakni “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” tutup Kiki.(bas)

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion