Connect with us

Info Regional

Gagal UTBK SNBT 2023, Tidak Perlu Berkecil Hati Berikut 5 Rekomendasi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Yogyakarta

Published

on

pexels-emily-ranquist-1205651-bfb22a17

Yogyakarta, Bindo.id – Sebagai kota pendidikan, Yogyakarta telah memiliki banyak sekali universitas yang bisa dijadikan referensi ketika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi seperti D3 atau S1.

Bahkan tidak sedikit perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang berhasil masuk ke peringkat universitas terbaik nasional berdasarkan Webometrics Rangking of Word Universities 2023.

Menurut data Webometrics Rangking of Word Universities 2023 sendiri kebanyakan perguruan tinggi swasta di Yogyakarta itu masuk pada peringkat 50 besar terbaik nasional.

Dengan begitu untuk kualitas dari perguruan tinggi swasta di Yogyakarta tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi. Lantas mana saja perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta itu?.

5 Rekomendasi Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Yogyakarta

Untuk Anda yang dinyatakan tidak lolos dalam ujian UTBK SNBT 2023, maka jangan berkecil hati. Pasalnya di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri terdapat banyak sekali perguruan tinggi swasta terbaik yang bisa dijadikan pilihan. Adapun 5 rekomendasi perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta tahun 2023 seperti berikut ini.

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan gagal dalam UTBK SNBT 2023 bisa menjadikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sebagai pilihan tempat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi berikutnya.

Hal itu dikarenakan universitas yang berada di kabupaten Bantul ini juga termasuk ke dalam kategori perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta.

Diketahui bahwa kampus swasta yang sudah ada sejak tahun 1981 ini sekarang menduduki peringkat ke-33 sebagai universitas terbaik di tanah air.

Sedangkan di dunia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini berhasil menduduki peringkat ke 2858. Jika dalam hal ini Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta itu bisa mulai mendaftarkan diri dari sekarang.

2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta selanjutnya yang bisa Anda jadikan solusi ketika gagal dalam ujian UTBK SNBT 2023 yaitu universitas Islam Indonesia.

Universitas Islam Indonesia atau yang lebih dikenal dengan  UII sendiri merupakan salah satu kampus swasta di Yogyakarta yang berhasil menempati rangking 23 sebagai PTS terbaik di Indonesia.

Bukan hanya itu saja namun perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta ini juga sudah berhasil menepati peringkat ke 2402 sebagai universitas terbaik di dunia.

Untuk program studi yang ditawarkan di universitas Islam Indonesia sendiri sangatlah beragam mulai dari teknik, ekonomi hingga kedokteran.

3. Universitas Atmajaya Yogyakarta

Universitas Atmajaya Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik yang ada di kota Jogja.

Beda halnya dengan dua perguruan tinggi swasta terbaik di atas, Universitas Atmajaya Yogyakarta ini untuk mahasiswanya lebih didominasi beragama non Islam.

Meskipun begitu bagi yang beragama Islam tetap diperbolehkan untuk mendaftar di perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta ini.

Diketahui perguruan tinggi yang sudah ada sejak tahun 1965 itu sekarang berhasil menepati posisi ke-63 sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Sementara menurut penilaian dari beberapa perguruan tinggi di dunia, Universitas Atmajaya Yogyakarta ini berhasil menduduki posisi ke-4604 sebagai kampus terbaik di dunia.

4. Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa

Di kota gudeg sendiri, banyak sekali calon mahasiswa yang dinyatakan gagal masuk PTN kemudian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa.

Hal itu wajar mengingat Universitas  Sarjanawiyata Taman Siswa sendiri juga termasuk kategori perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta yang telah berhasil meraih peringkat ke-83 sebagai kampus berkualitas unggul di Indonesia.

5. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) juga bisa dijadikan rekomendasi berikutnya untuk Anda yang sedang mencari perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta.

Perguruan tinggi swasta yang berhasil masuk ke peringkat 44 sebagai kampus terbaik di tanah air ini memiliki banyak sekali program studi.

Adapun beberapa program studi yang bisa Anda temukan di Universitas Ahmad Dahlan seperti kedokteran, hukum, ekonomi dan teknik.

Tidak hanya itu saja namun perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta ini juga menyediakan kegiatan lainnya berupa ekstrakurikuler.

Demikianlah 5 rekomendasi perguruan tinggi swasta terbaik di Yogyakarta yang bisa Anda jadikan referensi ketika gagal dalam UTBK SNBT 2023.

Ikuti berita terkini dari BINDO di
Google News, YouTube, dan Dailymotion

Advertisement
Berikan Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *